JawaPos Radar

Penyaluran Bantuan Korban Gempa Palu Belum Merata, Ini Penyebabnya

01/10/2018, 12:46 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Ilustrasi gempa di Donggala dan Palu.
Ilustrasi gempa di Donggala dan Palu. (Dok. ACT/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemberian bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah terbilang belum merata. Ada daerah yang belum mendapatkan bantuan sementara daerah lainnya berlebih. 

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, tidak meratanya penyaluran bantuan lantaran para relawan, organisasi kemasyarakatan maupun individu tidak melakukan koordinasi dengan aparat keamanan setempat. 

"Kalau boleh nganternya terkoordinasi dengan baik. Jangan satu orang mau ngirim. Mending gabungan berangkat sama-sama," ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (1/10).

Dia menerangkan, saat ini sudah dibuka posko-posko pengungsian dan untuk penyaluran bantuan. "Koordinasi dengan posko lah. Kalau satu-satu, personel Polri dan TNI, terbatas," ketus Setyo.

Sementara itu, dia juga meminta masyarakat yang menjadi korban gempa agar lebih kondusif. Jangan sampai ada yang menghentikan mobil atau truk pengangkut bantuan logistik di jalan. Karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru.

Menurutnya memang situasi tidak memungkinkan untuk melakukan penegakan hukum. Sebab saat ini masih dalam kondisi darurat bencana. Namun jika ada warga yang bertindak berlebihan, polisi katanya tidak akan segan-segan untuk menindaknya.

"Pasal KUHP diatur situasi bencana melakuan kejahatan itu lebih berat ancaman hukumannya. Kami persuasif dulu tapi kalau nggak bisa (diperingati), baru ditindak," kata Setyo.

Seperti diketahui, Jumat sore (28/9) Kabupaten Donggala diguncang gempa 7,4 SR. Akibat bencana alam itu, Kota Palu pun dilanda gelombang tsunami. Sontak malam itu juga tanah air berduka. Masyarakat berupaya mencari informasi dan kabar tentang sanak keluarga mereka. Namun komunikasi terputus.

Semua akses komunikasi, transportasi, dan fasilitas publik lainnya nyaris lumpuh. Sejumlah relawan dari daerah lain pun berupaya bergerak memberikan bantuan tenaga. Hanya saja upaya menuju ke dua daerah itu terkandala akses yang terputus.

(dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Kelangkaan BBM Mulai Teratasi 01/10/2018, 12:46 WIB
Akses ke Palu Makin Mudah 01/10/2018, 12:46 WIB
Pasar Manonda Palu Kembali Bergeliat 01/10/2018, 12:46 WIB
Jokowi Kerahkan Psikolog ke Sulteng 01/10/2018, 12:46 WIB
Gempa Sulteng, 2.736 Sekolah Rusak 01/10/2018, 12:46 WIB
TNI Kirim Tiga Pesawat ke Palu 01/10/2018, 12:46 WIB
TNI Kirim 6 Ton Alkes ke Sulteng 01/10/2018, 12:46 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up