JawaPos Radar

Gempa Sulawesi Tengah

Pemerintah Siap Kirim Logistik Makanan Dalam Jumlah Besar

01/10/2018, 11:55 WIB | Editor: Imam Solehudin
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo memastikan jika pemerintah bakal mengirimkan bantuan dalam jumlah besar ke Palu, Sulawesi Tengah. (REUTERS)
Share this image

JawaPos.com - Bahan makanan menjadi hal yang sangat dibutuhkan para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Untuk itu, pemerintah rencananya akan mengirimkan batuan dalam jumlah besar.

"Bantuan makanan hari ini kita akan kirim, sebanyak-banyaknya dengan pesawat Hercules," ujar Presiden Joko Widodo di Kompleks Monumen Pancasila Sakti, Lobang Buaya, Jakarta, Senin (1/10).

Bahan makanan itu katanya dikirim dari beberapa daerah. "Dari Jakarta langsung ada beberapa pesawat. Kemudian dari sana di ambil lagi dari Makassar, Balikpapan yang ada lebih dekat. Karena problem di lapangan keluhan seperti itu (kurangnya pasokan makanan)," tutur Jokowi.

Adapun saat ini, toko-toko masih tutup. Ketersediaan air bersih juga menipis lantaran aliran listrik yang mati.

Matinya listrik disebabkan karena dari tujuh gardu yang ada, hanya dua yang hidup. Pemerintah pun terus berupaya agar hal ini bisa diselesaikan.

"Tapi juga tidak bisa dalam waktu singkat. Kemarin kita perintah didatangkan gardu yang mobile sehingga segera ditangani, air bisa kembali mudah didapatkan," tutur Jokowi.

Hal lain yakni ketersediaan bahan bakar minyak (BBM). Penyaluran terhambat lantaran bandara di Palu pun rusak. Menempuh dengan jalur darat juga terkendala karena jembatan banyak runtuh dan jalan tertutup material longsor.

"Hari ini kita harapkan sudah bisa masuk ke Palu karena pesawat khusus tangki BBM sudah kita arahkan ke sana. Saya kira problem-problem itu secepatnya harus kita tangani sebelum masuk tahap yang kedua," bebernya.

Dia berharap masalah-masalah tersebut bisa normal secepatnya. "Memang problem-problem ini baru sehari dua hari, sehingga semuanya kaget," pungkas Jokowi.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up