JawaPos Radar

Evakuasi Korban Gempa, Panglima TNI Kirim 3 Batalyon ke Palu

01/10/2018, 11:17 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Evakuasi Korban Gempa, Panglima TNI Kirim 3 Batalyon ke Palu
Gempa Sulawesi Tengah (Dok ACT/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali mengirim bantuan untuk menangani dampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Hari ini, mereka menerjunkan ribuan prajurit untuk melakukan evakuasi para korban yang masih tertimbun bangunan.

"Hari ini kita juga bantu tiga batalyon dari Divisi III Kostrad untuk membantu karena wilayah kerusakan cukup luas dan harus dibantu oleh tenaga manusia," ujar Panglima TNI Hadi Tjahjanto di Kompleks Monumen Pancasila Sakti, Lobang Buaya, Jakarta, Senin (1/10).

Selain tenaga manusia, alat berat untuk mengangkat material bangunan yang roboh juga diperlukan. Hadi mengatakan, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) dan Komandan Rayon Militer (Danrem) sudah berada di lapangan untuk mengatur pembagian alat berat mengingat kerusakan bukan hanya terjadi di Palu dan Donggala, namun juga di Kabupaten Sigi serta Parigi Moutong.

Lantaran alat berat baru sedikit yang dikirimkan, Hadi sudah memerintahkan anak buahnya untuk meminjam di pertambangan yang ada di sana. "Kita gunakan alat berat di lokal dulu karena di sana banyak tambang-tambang dan saya perintahakan Danrem untuk pinjem  karena ini masalah darurat kemanusiaan," tegasnya.

Sebelumnya, gempa bumi 7,7 SR mengyuncang wilayah Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9). Gempa tersebut diiringi dengan tsunami.

Namun tak hanya Donggala dan Palu, Kabupaten Sigi dan Parigi Moutong juga terdampak gempa. Dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kemarin, jumlah korban jiwa akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah terus bertambah. Tercatat ada 832 orang meninggal dunia. 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up