JawaPos Radar

Gempa 4,4 SR Guncang Malang dan Blitar

01/10/2018, 10:36 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Gempa Malang
Peta gempa di Blitar dengan kekuatan 4,4 SR. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Gempa bumi berkekuatan 4,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), Senin (1/10). Berdasarkan analisis Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Karangkates, pusat gempa bumi pada koordinat 8.95° LS hingga 111.94° BT.

Pusat gempa berjarak 97 kilometer Barat Daya Kabupaten Blitar. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangkates Musripan menjelaskan, dampak gempa bumi menimbulkan guncangan pada II Skala Intensitas Gempa Bumi (SIG) BMKG atau II-III MMI. Hal itu berdasarkan peta tingkat guncangan shake map BMKG. Peta terjadi di sebagian wilayah Blitar, serta Gondanglegi dan Ngliyep, Kabupaten Malang.

Menurut laporan yang diterima Stasiun Geofisika Karangkates, guncangan gempa dirasakan sejumlah warga di Malang. "Hingga saat ini belum ada laporan soal dampak gempa," kata Musripan kepada JawaPos.com.

Jika ditinjau dari pusatnya, gempa bumi berada di laut yang diakibatkan aktivitas patahan di dasar laut. "Hingga analisis ini dibuat, tidak tercatat gempa bumi susulan," ujarnya.

Musripan mengimbau kepada warga agar tetap tenang. Jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan. "Konfirmasi infonya kepada BMKG terdekat," pesan Musripan.

Sementara itu, Ardianti Putri Astuti, 28, warga Pakunden, Blitar, mengaku guncangan gempa bumi cukup terasa namun tidak keras. "Pintu saya terlihat bergerak. Tapi plafon tidak begitu terguncang," ungkap pengusaha konveksi itu.

(tik/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up