JawaPos Radar

Piala Asia U-16 2018

Dicerca Netizen, Ikatan Batin Skuad Timnas U-16 Justru Makin Kuat

01/10/2018, 10:21 WIB | Editor: Agus Dwi W
timnas u-16
Timnas U-16 sempat mengalami hujatan dari netizen terkait hasil yang menurun di fase grup Piala Asia U-16 2018. (Ahmad Khusaini/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Harapan tinggi tengah dibebankan kepada skuad Timnas U-16. Terutama ketika David Maulana dan kawan-kawan mampu mengalahkan Iran dengan skor 2-0. Namun, ketika penampilan mereka agak menurun dan meraih hasil imbang dalam dua laga berikutnya, hujatan pun harus mereka terima.

Ekspektasi besar masyarakat Indonesia kepada Timnas U-16 di ajang  Piala  AFC U-16 2018 ini seperti menjadi bumerang bagi mereka. Memang, tim Garuda Asia sukses melaju ke babak 8 besar. Namun, hasil imbang dan permainan yang dirasa menurun saat ditahan imbang 1-1 oleh Vietnam (24/9) memancing komentar negatif dari netizen di media sosial.

”Pada akhirnya kami menjelaskan kepada mereka bahwa ini salah satu proses yang harus mereka lalui. Sebenarnya, saya juga ikut kesal. Tapi saya menyampaikan ke mereka secara halus, jadi mereka juga menghadapi haters itu dengan bijaksana,” tutur psikolog Timnas U-16, Laksmiar Saraswati.

Diakui Laksmiar, komentar negatif dari netizen tersebut cukup mempengaruhi mental skuad Garuda Asia. Namun, ada hal positif yang bisa diambil dari munculnya para haters tersebut.

”Justru dengan adanya haters ini, telah memperkuat ikatan batin antarpemain. Sebab mereka akhirnya saling menguatkan dan mendukung,” ucap wanita yang kerap disapa Asti itu.

Selain haters, Timnas U-16 juga membentengi diri dari star syndrome. Tidak bisa dipungkiri torehan prestasi tentu akan memunculkan rasa menjadi bintang. Namun staf Timnas U-16 sudah mempunyai cara untuk mencegah tersebut.

”Yang pasti kami sepakat untuk memperlakukan mereka sama. Tidak ada yang menjadi bintang di sini.  Terserah di luar sana mereka banyak fans. Tetapi ketika mereka balik ke tim semua sama,” pungkasnya.

(nia)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up