JawaPos Radar

Sebelum Pisah dari Pasangan, Pikirkan Dulu Lewat 8 Pertanyaan Ini

01/10/2018, 13:48 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
tips percintaan, alasan putus,
Ilustrasi. Ada delapan hal yang harus dipikirkan secara matang sebelum pisah dengan pasangan. (hybread.mk)
Share this image

JawaPos.com - Semua orang pasti berharap hubungan asmaranya langgeng tanpa hambatan. Perpisahan tentu langkah yang menyakitkan dan membutuhkan waktu untuk bangkit. Maka sebelum berkata 'putus' atau 'pisah', sebaiknya pertimbangkan dulu dengan matang.

Bahkan Anda harus mempertanyakan pada diri sendiri, tepatkah langkah perpisahan yang akan diambil. Setidaknya ada 8 pertanyaan pada diri sendiri yang wajib dipertimbangkan sebelum berpisah, seperti dilansir dari YourTango, Senin (1/10), agar jangan sampai menyesal di kemudian hari.

1. Mengapa Ingin Putus?

tips percintaan, alasan putus,
Ilustrasi. Pikirkan baik dan buruknya ketika ingin mengakhiri hubungan cinta. (HelpGuide.org)

Menguraikan butir-butir atau bahkan menuliskan alasan putus dapat membantu seseorang merasa divalidasi dalam keputusannya. Bisa dimulai dengan menulis daftar pro dan kontra untuk putus. Mana hal yang baik dan buruk yang sudah dilakukannya. Sehingga lebih percaya diri dengan keputusan Anda.

2. Apakah Ada Cara Lain untuk Mempertahankan?

Tidak ada hubungan yang sempurna. Mengidentifikasi masalah bersama akan menjadi solusi. Apakah itu masalah kepercayaan atau kurangnya gairah akan membantu pasangan mengatasi masalah. Apalagi jika ada isu orang ketiga, tentu itu harus dibicarakan.

3. Akankah Menyesali Keputusan Itu?

Tepat sebelum menyampaikan kabar buruk kepada pasangan, tentu harus dipikirkan dengan kepala dingin. Jika dengan emosi, barangkali nantinya bisa menyesal.

4. Apa Bisa Hidup Sempurna Usai Pisah?

Membayangkan hari-hari tanpa orang terkasih dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu adalah hal yang memilukan. Bahkan memikirkannya saja mungkin membuat seseorang ingin mempertimbangkan kembali agar tak putus. Namun jika itu sudah sangat menyakitkan, menjadi lajang tentu lebih baik.

5. Bagaimana Saya Harus Melakukannya?

Banyak orang bingung mengucapkan kata pisah. Perpisahan di era digital bahkan dilakukan dengan teks dan media sosial. Cara terbaik dan paling tidak membingungkan untuk memilih putus dengan seseorang adalah dengan mengatakannya secara langsung. Jangan membuatnya merasa sangat dicampakkan.

6. Apa yang Harus Saya Katakan?

Banyak orang sulit berkata-kata ketika akan mengucapkan kata putus. Lidah terasa kaku dan tak berani menyakiti hati pasangan. Cobalah santai dan mengalir saja dengan apa yang akan dikatakan. Bisa jadi di pihak pasangan juga menginginkan hal yang sama, atau dengan bicara bisa menemukan solusi.

7. Mungkinkan Balikan Lagi?

Sulit jika membiarkan pintu terbuka untuk kembali bersama di kemudian hari. Boleh saja tetap saling kontak dan silaturahmi dengan mantan. Karena itu dibutuhkan dua orang dewasa untuk berpisah dan kembali bersama dengan baik-baik.

8. Hikmah Apa yang Akan Dipetik?

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan hubungan. Cobalah mencari sisi positif dari setiap pengalaman, dan siapa tahu suatu hari dapat membuat sebuah blog atau menulis buku tentang semua kesialan tersebut. Bicara sakit hati, Anda tak sendiri.

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up