JawaPos Radar

Asli Turunan Italia, Vespa 'Darah Biru' Indonesia Banyak Diincar

01/10/2018, 09:50 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Asli Turunan Italia, Vespa 'Darah Biru' Indonesia Banyak Diincar
Vespa Klasik tampil di ajang Parjo Red Carpet, ICE, BSD Tangerang (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Motor Vespa memiliki sejarah panjang di Indonesia. Kurang lebih tahun 1965 Vespa ke Tanah Air. Pekrkembangannya pun bergitu masif, hingga lahir berbagai komunitas pecinta motor asal Italia ini, yang dikenal sangat solid

Managing Director PT Piaggio Indonesia pernah mengungkapkan bahwa kurang lebih ada 42 ribu pengguna Vespa di Tanah Air bahkan lebih dalam basis komunitas. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan komunitas Vespa terbesar di dunia.

Lebih dari itu, faktanya Vespa di Indonesia adalah Vespa asli dari Italia berbeda dengan negara Asia lainnya seperti Thailand atau Malaysia yang memiliki Vespa buatan negara lain seperti dari Inggis atau Jerman. Itu sebabnya Vespa Indonesia punya darah biru dan satu garis keturunan dengan Vespa asli dari Italia.

Asli Turunan Italia, Vespa 'Darah Biru' Indonesia Banyak Diincar
Vespa Indonesia Punya serial nomber sama dengan buatan Vespa Italia. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)

“Jadi sebenarnya semua seri Vespa klasik yang ada di Indonesia satu serial number dengan Vespa di Italia. Jadi Vespa kita bukan kaya di negara lain yang diimpor dari Inggris yang punya Vespa Douglas atau versi Jerman dengan Vespa Mr Smith-nya atau di India versi Bajai. Jadi Vespa kita masih darah biru dan banyak diburu negara lain,” kata Om Beng ketua Indonesia Vespa Day pada JawaPos.com, di acara Shopee Parjo Red Carpet 2018, ICE BSD, Tangerang, Sabtu (29/9)

Untuk itu selama ini, ia terus mengedukasi para pemilik Vespa klasik di Indonesia untuk tidak menjual Vespanya ke luar negeri karena itu menjadi aset bagi komunitas dan pecinta Vespa di Indonesia. Dan hal tersebut akan merugikan dunia Vespa di masa yang akan datang.

“Memang hal asasi setiap orang. Kalau di mau ngejual Vespa-nya ya hak dia. Tapi kita perlu kasih tahu bahwa Vespa kita itu unik dan turunan asli Italia dan tidak semua orang punya itu. Makanya kalao untuk kolektor mereka pasti cari motor yang asli buatan negara motor itu berasal. Jadi Anda mungkin jual mahal, tapi sudah kehilangan ceritanya,” imbau Beng pada pemilik Vespa klasik.

Baginya Vespa Indonesia memiliki nila heritage yang perlu di jaga, karena pecinta Vespa di Indonesia tidak akan lengkap dengan kisah besarnya tanpa ada Vespa dalam bentuk realnya yang bisa ditunjukan pada generasi-generasi pendarang baru di dunia Vespa.

Seri-seri Vespa klasik yang populer di Indoensia antara lain Vespa 125 Primavera 1967, Vespa Sprint generasi pertama tahun 1972, Vespa PK 125 tahun 1983 dan sederet Vespa klasik lainnya yang saat ini menjadi incaran banyak negara lain.

“Kita harus pastikan Vespa-Vespa klasik kita tetap terjaga dalam basis-basi komunitas karena di Italia sendiri Vespa-Vespa klasik itu sudah menjadi barang langkah dan ada peraturan khusus yang melindungi Vespa sehingga tak boleh lagi keluar dari Italia,” tukasnya.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up