JawaPos Radar

Ikuti Tips Jitu Memilih Wallpaper ala Desainer Interior

01/10/2018, 10:25 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
tren wallpaper, tips memilih wallpaper,
Koleksi terbaru ROMO Autumn/Winter 2018: Gardenia. (Tim Muara Bagdja)
Share this image

JawaPos.com - Memilih lapisan dinding atau wallpaper tergantung pada selera masing-masing individu. Tentu setiap orang punya selera. Bicara soal tren, biasanya masyarakat urban kini semakin peduli dengan dekorasi dinding agar hunian mereka tampil kekinian.

Ditemui dalam peluncuran koleksi Wallcovering dari ROMO di ZANTOB, Kemang, Jakarta, Desainer Interior Yuni Jie membenarkan saat ini tema Botanical sedang menjadi tren. Tema flora dan fauna dengan sentuhan warna alam juga makin digemari karena memberikan nuansa teduh di dalam rumah.

"Tahun ini banyak inspirasi dari alam. Warna alam seperti cokelat, putih dan monokrom. Dan soal warna itu soal individual," katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Menurutnya warna alam bisa membuat ruangan hening, menenangkan, dan membuat ruangan lebih lapang. Pernak pernik di dinding, bisa menyesuaikan dengan warna wallpaper itu sendiri.

"Aksesori kan sesuai personality. Bebas dan tetap harus proporsional," ungkapnya.

Yuni Jie juga punya tips agar masyarakat bisa memilih wallpaper yang tepat untuk hunian residensial maupun apartemen. Dalam memilih wallpaper untuk apartemen sebaiknya mempertimbangkan warna-warna alam karena terbentur pada keterbatasan ruang.

"Pilihlah pattern dan warna yang tepat, kalau rumah kan lebih luas artinya lebih bebas berkreasi," jelasnya.

Menurutnya wallpaper bisa dipasang di seluruh bagian rumah tak hanya ruang tamu dan kamar tidur. Hal itu juga tergantung pada kepribadian seseorang.

"Bebas di mana saja. Mungkin lebih tepat di mana spend time lebih banyak waktu di ruangan tersebut bisa dipasang wallpaper," katanya.

Keuntungan Wallpaper Dibanding Cat

Menurut Yuni Jie, sebetulnya keduanya bisa digabungkan, baik cat ataupun wallcovering atau wallpaper. Hal itu kembali lagi kepada selera seseorang.

"Boleh digabungkan. Saya suka menggabungkan, misalnya dinding tetap saya cat tetapi aksen saya kasih wallpaper," jelasnya.

Perwakilan dari ROMO, Nick Handbury menjelaskan pemilihan wallcovering sangat tergantung momen dan karakter di dalam sebuah hunian tersebut. Di lokasi hunian modern, kata dia, penggunaan wallcovering semakin populer ketimbang harus mengecat rumah.

"Saat mengecat mungkin butuh banyak warna cat jika ingin indah. Tapi saat pakai wallpaper sudah lebih simple. Cuttingnya semua terlihat sempurna dan cantik dindingnya," tutup Nick.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up