JawaPos Radar

Jawa Pos Clearing House of Information

Serbuk Kopi Saset Mudah Terbakar Bikin Heboh Media Sosial

01/10/2018, 09:31 WIB | Editor: Ilham Safutra
Serbuk Kopi Saset Mudah Terbakar Bikin Heboh Media Sosial
Hoax Kopi saset yang bisa terbakar mengandung mesiu. (Screenshot Youtube)
Share this image

JawaPos.com - Jagat maya belakangan ini dihebohkan dengan viralnya video bubuk kopi saset yang bisa terbakar. Beragam versi video itu beredar di channel YouTube.

Banyak yang penasaran, resah, dan khawatir. Takut kalau kopi saset mengandung bahan kimia berbahaya sehingga mudah dibakar.

Dalam salah satu versi video, tampak pria berseragam PNS Pemprov DKI Jakarta membuat demo bakar serbuk kopi instan. Saset dibuka, kemudian serbuk kopi dijatuhkan ke bawah. Serbuk kopi yang meluncur ke lantai itu lantas disulut dengan korek api. Buz...... serbuk kopi itu langsung menyala besar. Seperti api menyentuh benda yang sebelumnya diberi bahan bakar.

Ada juga video pria pemilik warung yang membuat demo serupa. Bahkan, dia melakukan percobaan terhadap tiga merek kopi instan dalam saset. Hasilnya sama. Ketiga serbuk kopi saset berbeda merek itu mudah tersulut api. "Biar jelas, kita tidak fitnah," ujar pria pemilik warung itu dengan polosnya. Dia mengaku tak takut rugi. "Tidak masalah uang bisa dicari, sakit gak iso," ujarnya.

Jawa Pos mengonfirmasi BPOM untuk mendapatkan fakta dari video-video itu. Dalam rilis yang dikirimkan BPOM, disebutkan bahwa produk-produk yang diujicobakan dalam video tersebut telah melalui evaluasi keamanan dan mutu BPOM RI. Juga telah mendapatkan nomor izin edar.

Kenapa bisa terbakar? Ini alasannya: minuman itu berbentuk serbuk, ringan, berpartikel halus, serta mengandung minyak dan memiliki kadar air yang rendah. BPOM sebenarnya sudah berkali-kali memberikan klarifikasi terkait temuan-temuan seperti itu.

Menurut BPOM, produk pangan yang memiliki rantai karbon (ikatan antar-atom karbon) dan kadar air rendah, terutama yang berbentuk tipis dan berpori, memang mudah terbakar jika disulut api.

Bukan hanya kopi saset. Hal yang sama bisa terjadi pada terigu, merica bubuk, cabai bubuk, putih telur, susu bubuk, pati jagung, biji-bijian, dan serbuk kentang. Karena itu, demonstrasi seperti dua video di atas tidak bisa dikatakan bahwa makanan tersebut berbahaya. Atau tidak aman dikonsumsi.

Jadi, jangan mudah terkecoh ya. Memang sejumlah minuman serbuk kopi lebih baik dihindari. Sebab, kandungan kopinya sebenarnya rendah. Lebih banyak bahan-bahan lainnya (lihat bagian kemasan). Tapi, bukan berarti serbuk kopi yang terbakar itu berbahaya. 

FAKTA

Serbuk kopi yang terbakar itu tidak berarti menunjukkan bahan berbahaya. Itu terjadi karena sifat serbuk kopi yang ringan, berpartikel halus, mengandung minyak, dan memiliki kadar air rendah.

(gun/c17/fat)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up