JawaPos Radar

Pemakaman Korban Gempa Palu dan Donggala

TNI Gali Liang Kubur Seluas Seribu Meter Persegi

30/09/2018, 22:48 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Panglima TNI Hadi Tjahjanto
Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan anak buahnya akan segera menyiapkan lahan untuk pemakaman massal korban gempa Palu dan Donggala. (jpnn/jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ratusan korban jiwa terdampak gempa yang terjadi pada Jumat (28/9) telah berhasil diidentifikasi akan segera dimakamkan. Jenazah rencananya akan di kubur secara massal di dalam satu lubang besar.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, prajuritnya sedang menyiapkan tempat pemakaman massal untuk menguburkan jenazah korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Jadi rencananya akan kita jadikan satu lubang massal," kata Hadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (30/9).

Namun Hadi belum memberikan informasi secara detil mengenai lokasi yang telah disiapkannya tersebut. Ia hanya menyebut ukuran kuburan masal itu seluas 10x100 meter atau 1000 meter persegi. 

"Segera dimakamkan yang meninggal tersebut. Kita membuat ukuran 10x100 meter. Mudah-mudahan dalam dua hari ini sudah selesai," jelasnya.

Data hari ini yang dirilis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) jumlah orang meninggal mencapai 832 orang. Perincian jumlah itu 821 berasal dari Kota Palu, lalu 11 orang dari Kabupaten Donggala. BNPB memprediksi jumlah itu akan bertambah karena masih banyak jenazah yang belum teridentifikasi.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up