JawaPos Radar

Warga Inhu Tangkap Buaya yang Berkeliaran di Kebun

30/09/2018, 21:24 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Warga Inhu Tangkap Buaya yang Berkeliaran di Kebun
Bhabinkamtibmas Kota Lama Bripka Sunaryo Ningrat bersama warga menangkap seekor buaya yang dianggap meresahkan warga di Desa Kota Lama, Rengat Barat, Inhu, Riau, Minggu (30/9). (Virda Elisya/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Warga Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, menangkap seekor buaya, Minggu (30/9). Penyebabnya, buaya telah membuat resah warga karena sering masuk ke kebun.

Penangkapan hewan reptil bertubuh besar dilakukan warga bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas Kota Lama Bripka Sunaryo Ningrat.

Bripka Sunaryo mengatakan, penangkapan itu bermula saat dirinya mendapat laporan dari warga desa. Warga sudah resah dengan keberadaan buaya yang sering menampakkan dirinya di kebun warga.

"Setelah warga melapor, kita melakukan pemantauan. Tak beberapa setelah itu akhirnya buaya yang dimaksud kelihatan," ujar Sunaryo, Minggu (30/9).

Akhirnya buaya itu ditangkap dan diikat dengan tali. Semenjak buaya itu muncul, warga ketakutan untuk pergi ke kebun. "Sebagai tindak lanjut keresahan warga makanya kita lakukan penangkapan bersama-sama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Setelah buaya berhasil diamankan, tampak warga berkerumun melihat hewan purba itu. Bahkan dari mereka tampak mengabadikan dengan telepon genggamnya.

"Kita berkoordinasi dengan pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Inhu untuk menangani hewan pemakan daging tersebut," katanya.

Koordinasi dilakukan supaya warga tidak membunuh satwa dilindungi ini. "Kita juga mengimbau warga agar tidak keluar malam hari sendirian. Apalagi ke tepi sungai karena berbahaya," imbaunya.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up