JawaPos Radar

Kunjungi Korban Gempa di Palu, Ini Instruksi Jokowi untuk Anak Buahnya

30/09/2018, 19:57 WIB | Editor: Dida Tenola
Kunjungi Korban Gempa di Palu, Ini Instruksi Jokowi untuk Anak Buahnya
Presiden Joko Widodo. (Dokumen JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan kepada jajaran kementerian, TNI, Polri agar bertindak cepat untuk menanggulangi gempa di Sulawesi Tengah (tengah). Jokowi menekankan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengevakuasi para korban.

"Pertama yang paling penting saya tekankan, kepada seluruhnya agar penanganan yang dilakukan pertama adalah berkaitan dengan evakuasi," tegas Jokowi dalam kunjungannya di Palu, Minggu (30/9).

Hingga saat ini korban meninggal dunia berjumlah 610. Jumlah itu bisa saja bertambah karena ada beberapa desa di sejumlah kabupaten yang masih tersisolir dan belum teridentifikasi. 

Kunjungi Korban Gempa di Palu, Ini Instruksi Jokowi untuk Anak Buahnya
Infografis gempa bumi Palu dan Donggala. (Rofiah Darajat/ JawaPos.com)

"Karena alat berat belum ada, juga belum bisa dilaksanakan evakuasi. Besok pagi Insya Allah pak Menteri PU sudah mengerahkan alat berat dari Mamuju, Gorontalo, menuju ke sini. Besok pagi evakuasi yang kita perkirakan ada korban," sebut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Hal lain yang dianggap genting setelah evakuasi adalah keterbatasan bahan bakar. Sejumlah SPBU di kota Palu sebelumnya disesaki warga. Mereka berdesak-desakan hingga berebutan untuk melakukan pengisian. 

"Kita melihat di lapangan SPBU penuh masyrakat ingin mendapatkan BBM. Masalahnya karena menuju ke sini banyak, jembatan runtuh dan lain-lain. Saya perintahkan Menteri ESDM dan BUMN untuk membawa BBM dengan pesawat entah dari Makassar, Balikpapan atau Jawa. Pesawat khusus BBM khusus besok urusan BBM sudah bisa kita selesiakan," janjinya.

Selanjutnya berkaitan dengan lisrik. Dia menyebut tiga kabupaten yang terdampak gempa memiliki tujuh gardu listrik. Namun yang berfungsi hanya dua. Lima diantaranya masih bermasalah sehingga perlu penangan khusus. "Saya sudah telepon Menteri ESDM, ini (pasokan listrik) diselesiakan dengan gardu mobile.Dikirim dari Jawa menuju Palu, semoga cepat diselesaikan berkaitan dengan listrik," imbuh mantan Wali Kota Solo itu.

Khusus kebutuhan logistik berupa makanan dan air, Jokowi juga berkeinginan agar jajarannya mampu memberikan percepatan penanganan. Di Palu, nyaris sebagian besar kawasan perbelanjaan, seperti pasar, toko-toko modern belum beroperasi.

"Sehingga masyarakat ingin membeli minuman yang jualan belum ada. Kita harapkan segera bisa diatasi. Kita harapkan masa darurat bisa diselsaikan secepat-cepatnya. Masuk rehabiliatasi dan rekonstruksi, baik sekolah, rumah sakit, jembatan dan lain-lain," pungkasnya.

(rul/JPC)

Alur Cerita Berita

Kelangkaan BBM Mulai Teratasi 30/09/2018, 19:57 WIB
Akses ke Palu Makin Mudah 30/09/2018, 19:57 WIB
Pasar Manonda Palu Kembali Bergeliat 30/09/2018, 19:57 WIB
Jokowi Kerahkan Psikolog ke Sulteng 30/09/2018, 19:57 WIB
Gempa Sulteng, 2.736 Sekolah Rusak 30/09/2018, 19:57 WIB
TNI Kirim Tiga Pesawat ke Palu 30/09/2018, 19:57 WIB
TNI Kirim 6 Ton Alkes ke Sulteng 30/09/2018, 19:57 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up