JawaPos Radar

71 Warga Asing Jadi Korban Gempa Palu, 5 Orang Belum Ditemukan

30/09/2018, 16:10 WIB | Editor: Yusuf Asyari
71 Warga Asing Jadi Korban Gempa Palu, 5 Orang Belum Ditemukan
Kondisi Kota Palu setelah dilanda gempa dan tsunami. Ratusan orang meninggal dalam musibah tersebut (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Korban gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah bukan hanya dari warga lokal. Ternyata ada 71 warga negara asing di sana.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menerangkan, beberapa WNA berhasil ditemukan serta dievakuasi. Yakni, 1 WN Singapura dan 1 WN Belgia yang dievakuasi ke Jakarta. Lalu, 1 WN Jerman dalam kondisi aman.

Kemudian 10 warga negara asing asal Vietnam saat ini berada di posko Bandara Mutiara Palu dengan kondisi aman dan akan dievakuasi dengan menggunakan pesawat Hercules.

71 Warga Asing Jadi Korban Gempa Palu, 5 Orang Belum Ditemukan
Kondisi Kota Palu setelah dilanda gempa dan tsunami. Ratusan orang meninggal dalam musibah tersebut ()

Ada pula 32 WN Thailand, 21 WN Tiongkok juga dalam kondisi aman.

"Artinya aman dalam kondisi selamat dan segera dievakuasi keluar dari Palu menuju Makasar menggunakan Pesawat Hercules atau pesawat kecil kemudian kita bawa ke Jakarta atau daerah yang lainnya," tutur dia.

Sementara WN Korea Selatan kondisinya belum diketahui diduga tertimbun di Hotel Roa Roa, Palu yang runtuh karena gempa.
"Tiga warga negara asing asal Perancis kondisinya belum diketahui, satu warga negara asal Malaysia kondisinya belum diketahui," jelas Sutopo.

Dia menambahkan, sejak kemarin pesawat Hercules digunakan juga untuk mengevakuasi sebagian besar adalah aparat sipil negara atau PNS yang sedang melaksanakan tugas di Kota Palu. Mereka juga dievakuasi ke Makassar dan telah kembali ke rumah masing-masing.

(yuz/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up