JawaPos Radar

Aktris Tiongkok Ini Menghilang Sejak Kena Kasus Penghindaran Pajak

30/09/2018, 13:13 WIB | Editor: Deti Mega Purnamasari
Aktris Tiongkok Ini Menghilang Sejak Kena Kasus Penghindaran Pajak
Fan Bingbing (Yonhap)
Share this image

JawaPos.com - Banyak rumor yang berkembang dan mengepung aktris Tiongkok, Fan Bingbing sejak menghilangnya ia dari mata publik. Banyak yang mencurigai bahwa kehilangannya itu berkaitan dengan tuduhan penghindaran pajak skala besar.

Dilansir dari Koreaboo, sebuah laporan mengatakan, Fan Bingbing diasingkan dari rumahnya sampai investigasi terhadap dirinya rampung dilaksanakan. Banyak laporan yang juga mengklaim, hilangnya aktris kelahiran 16 September 1981 juga tidak hanya karena penghindaran pajak, tetapi juga kasus pencucian uang dengan skala besar.

Media Tiongkok Vision Times mengatakan, industri film di Tiongkok merupakan platform yang sempurna untuk melakukan tindakan pencucian uang. Alasan besar Fan Bingbing terjerembab ke dalam kasus ini karena perusahaan filmnya yang juga terlibat atas kasus tersebut.

Beberapa perusahaan film  di Tiongkok melaporkan bahwa mereka membutuhkan dana ratusan juta yuan, termasuk untuk alat dan spesial efek, tetapi sebenarnya untuk membuatnya hanya membutuhkan ribuan yuan saja. Laporan pengeluaran palsu tersebut dikirim ke kantor para aktor dan dicuci untuk kemudian ditransfer ke rekening luar negeri.

Adapun aktris pemain film Iron Man 3 versi Tiongkok ini dituduh tidak hanya memanfaatkan bisnisnya sebagai platform pencucian uang, tetapi juga melakukan perjudian dan bisnis pembebasan pajak di wilayah Xinjiang, Tiongkok.

Beberapa laporan juga menyampaikan, otoritas Tiongkok mulai menemukan dalang dibalik operasi ilegal ini. Beberapa lainnya mempercayai bahwa operasi tersebut berbasis di rumah milik Zeng Qinghong, seorang mantan politisi Tiongkok. Mereka mempercayai bahwa operasi gelap tersebut berkaitan dengan pejabat tinggi lainnya dengan skala kasus yang lebih besar.

Fan Bingbing sendiri sudah disoroti atas kasus penggelapan pajak sejak Mei 2018. Pihak Administrasi Perpajakan Negara di Tiongkok pun mulai membuka penyelidikannya. Tidak lama setelah itu, Fan Bingbing pun tak terlihat tampil lagi di muka umum.

(dmp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up