JawaPos Radar

Eks Penyerang Man City Soroti Sepak Bola Indonesia

30/09/2018, 12:14 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Paul Dickov, Manchester City, Centurion Trophy Tour
Paul Dickov menegaskan Indonesia harus serius mengembangkan pemain muda (Bintang Rahmat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Eks penyerang Manchester City, Paul Dickov, turut menyoroti sepak bola Indonesia di sela-sela kunjungannya. Dickov mengaku salah satu kesulitan sepak bola Indonesia, dalam hal ini Timnas, untuk berkembang pesat karena ada beberapa kendala.

Berkaca dari kemampuan para pemain Inggris yang sudah mumpuni, Dickov menilai permasalahan yang dihadapi Indonesia terletak pada struktur dasarnya. Perlu diingat, tim yang bagus tidak dapat dibentuk secara instan.

"Negara-negara lain yang berusaha untuk mengejar langkah pemain Inggris harus berusaha dari dasar. Kita tidak dapat berharap banyak pemain Indonesia bisa bagus tanpa ada struktur di bawahnya," ucapnya di Sumarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (29/9).

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan kepada pemain muda. Dalam hal ini, Indonesia harus berkonsentrasi kepada bibit muda.

"Terkadang kita harus mundur dua langkah agar bisa maju. Harus berkonsentrasi kepada akarnya," jelasnya.

Tidak hanya itu saja, dalam memberikan pelatihan tersebut tidak boleh dilakukan secara instan. Perlu waktu lama agar terbentuk pemain-pemain yang berkualitas.

"Butuh waktu, tidak hanya dua hingga empat tahun. Mungkin lima hingga sepuluh tahun. Dengan adanya pelatihan yang tepat, mereka memiliki kesempatan," tutup Dickov.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up