JawaPos Radar

Gempa dan Tsunami di Sulteng

Aksi Simpatik Terus Berdatangan, Polda Sumut Gelar Salat Gaib

29/09/2018, 23:12 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Salat Gaib
SALAT GAIB: Bersama dengan komunitas bikers di Kota Medan, Polda Sumut menggelar salat gaib hingga penggalangan dana. (Prayugo Utomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Aksi simpatik terkait bencana gempa dan tsunami di Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) terus mengalir. Seperti halnya yang dilakukan oleh Polda Sumut, Sabtu (29/9) malam.

Bersama dengan komunitas bikers di Kota Medan, mereka menggelar salat gaib hingga penggalangan dana. Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto menyampaikan rasa belasungkawanya kepada para korban yang terdampak bencana. Tujuan salat gaib dilaksanakan untuk mendoakan para korban. 

Acara silaturahmi bersama bikers tersebut, imbuhnya memang sudah dipersiapkan jauh hari. Namun bencana alam ternyata terjadi. Silaturahmi sendiri diikuti 250 klub motor dari Sumatera Utara dan diikuti lebih dari 1500 bikers.

"Kita tidak pernah menduga, bencana alam itu terjadi satu hari sebelum acara ini. Sehingga kita awali kegiatan silaturahmi ini dengan salat gaib. Dan kita mendoakan kepada keluarga yang ditinggalkan bisa tabah," kata Agus. 

Gempa yang disusul tsunami mengguncang kawasan Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) sekitar pukul 17.02 WIB. Pusat gempa berada pada 10 km pada 27 km Timur Laut Donggala.  Berdasarkan informasi BMKG, tsunami telah menerjang pantai Talise di Kota Palu dan pantai di Donggala.

Kata Agus, silaturahmi dengan para bikers adalah bentuk soliditas antara bikers dan kepolisian. Para bikers juga diingatkan untuk mematuhi aturan lalu lintas dalam berkendara. "Kita ingin permasalahan lalu lintas di daerah kita bisa teratasi. Khususnya kemacetan yang masih dirasakan oleh para pengendara," ujarnya. 

Agus juga mengajak para bikers untuk tetap menjaga kesatuan dan persatuan. Apalagi belakangan, banyak isu yang mencoba memecah belah. "Jangan mau diadu domba. Kita harus bersatu," katanya. 

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up