JawaPos Radar

Demokrat Desak Pemerintah Buat Mitigasi Serius soal Bencana Nasional

29/09/2018, 20:46 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
demokrat gempa sulteng, demokrat gempa palu,
Ilustrasi: bendera Partai Demokrat. (Mifathul Hayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Gempa yang melanda Kawasan Palu, Donggala, dan Mamuju, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (28/9), mendapat tanggapan serius dari Partai Demokrat. Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatakan, ada dua langkah untuk jangka pendek dan panjang yang harus dilakukan pemerintah menyikapi bencana gempa bumi yang diiringi tsunami itu.

Pertama, untuk jangka panjang, Demokrat mendesak pemerintah dan stakeholder terkait agar membangun regulasi mitigasi penanganan bencana nasional. Hal ini penting dilakukan mengingat Indonesia adalah negara yang rentan terkena bencana alam.

"Saya mendesak seluruh pihak terkait segera membangun regulasi dan implementasi serius agar meminimalisir korban bencana alam. Letak geografis Indonesia ini termasuk rawan bencana," ujar Ibas dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/9).

Untuk jangka pendek, Demokrat meminta Kementerian Perhubungan bergerak cepat memperbaiki infrastruktur guna mengakses lokasi bencana. Terutama sarana penunjang transportasi laut dan udara.

"Saya meminta Kementerian Perhubungan bertindak sigap dalam darurat bencana ini dengan membuka jalur penyaluran bantuan dan jangan sampai ada warga yang terisolasi tak tersentuh bantuan," tutur Ibas.

Demokrat juga mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika bertindak cepat memperbaiki infrastruktur komunikasi warga, sehingga jalinan komunikasi bisa berjalan dengan baik. "Dengan tidak terputusnya jaringan komunikasi, masyarakat Palu dan Donggala lebih cepat terbantu," ucapnya.

Upaya jangka pendek lainnya yakni meminta Kementerian Sosial bergegas dalam pendistribusian bantuan sosial, serta penanganan trauma korban paska bencana. Demokrat pun berharap kepada seluruh pihak terkait memberikan perhatian serius untuk warga Palu dan Donggala.

Terakhir yng tak kalah penting, Ibas meminta masyarakat yang menjadi korban tetap tabah dan bersabar. "Kami sekeluarga turut prihatin dan berduka atas bencana alam tersebut, dan meminta warga Palu dan Donggala bersabar dan bertawakal," tandas putra bungsu mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

(fab/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up