JawaPos Radar

Sri Mulyani Pastikan Dana Darurat Korban Gempa Sulteng Cair Lusa

29/09/2018, 19:58 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Sri Mulyani Pastikan Dana Darurat Korban Gempa Sulteng Cair Lusa
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Gempa bumi 7,4 SR mengguncang wilayah Sulawesi Tengah dengan kedalaman 10 km yang bersumber dari 80 km sebelah barat laut kota Palu. Gempa susulan kemudian terjadi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa tersebut dengan magnitude terbesar 6,3 dan terkecil 2,9 skala richter (SR). 

Bencana itu juga merusak rumah masyarakat dan fasilitas umum. Puluhan orang juga menjadi korban dari bencana alam tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, pihaknya melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah telah menyiapkan dana darurat sebesar Rp 560 miliar. Rencananya, dana ini akan cair Senin (1/10).

"Kita permintaan dari BNPB sekitar hampir Rp 560 miliar. Kita proses hari ini. Supaya bisa dicairkan sesegera mungkin hari Senin  bahkan kalau besok memungkinkan dari perbankan itu adalah sebagai BNPB bisa langsung melakukan operasi," ujarnya saat ditemui di Epiwalk Kuningan, Jakarta, Sabtu (29/9).

Dia menegaskan, pemerintah saat ini fokus untuk penanganan bencana terhadap korban. Disisi lain, bantuan melalui anggaran juga sudah disiapkan.

"Kita sekarang seperti yang dilakukan BNPB pada saat hari pertama ini adalah menolong masyarakat semaksimal mungkin. Jadi ini adalah masa emergency. Bantu masyarakat agar korban seminimal mungkin atau mereka yang sakit," tuturnya.

"Sekarang dari TNI, BNPB, Polri, melakukan operasi kemanusiaan dan kita support sepenuhnya," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up