JawaPos Radar

Tinjau Penanganan Pascagempa dan Tsunami, Besok Jokowi Terbang ke Palu

29/09/2018, 20:00 WIB | Editor: Estu Suryowati
Tinjau Penanganan Pascagempa dan Tsunami, Besok Jokowi Terbang ke Palu
Pusat perbelanjaan di Palu hancur akibat gempa yang terjadi. (Istimewa for Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Jumlah korban gempa disertai tsunami yang melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah diperkirakan terus bertambah. Hingga saat ini tercatat, ada 384 orang korban meninggal, 540 orang korban luka-luka, dan 29 orang dinyatakan hilang.

‎Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Minggu (30/9) akan bertolak ke Palu. Presiden Jokowi akan memantau langsung korban yang terdampak gempa.

"Presiden Jokowi akan ke Palu untuk meninjau langsung penanganan pasca gempa dan tsunami," ujar Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (29/9).

Sementara itu, Sutopo mengabarkan, saat ini korban gempa yang berada di Bandara Mutiara Sis Al Jufri telah dievakuasi ke Makassar dengan menggunakan pesawar milik TNI. Pesawat tiba di Lanud Hasanuddin.

Sedangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) fokus memperbaiki infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan tanggul. Kementerian PUPR juga mengerahkan alat berat guna mempermudah proses perbaikan.

"Layanan komunikasi yang bisa digunakan di wilayah Palu adalah XL. Layanan komunikasi Telkomsel berangsur pulih dan diprioritaskan bagi pemerintah dan instansi di Toli-Toli, Poso dan Luwuk," katanya.

Polri juga telah mengirimkan tim Disaster Victim Identification (DVI)‎ sebanyak 16 personel dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up