JawaPos Radar

Bantuan Korban Palu, ACT Bentuk Lumbung Peduli

29/09/2018, 19:41 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Bantuan Korban Gempa
BANTUAN: Bantuan untuk korban bencana Palu sudah mulai berdatangan, salah satunya dari ACT Malang, Sabtu (29/9). (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pascaperistiwa bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Donggala, Palu, dan Mamuju, Jumat (28/9), bantuan dari segala penjuru pun mulai berdatangan. Tak terkecuali dari Kota Malang. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Malang dengan membuat lumbung ACT.

Kepala Cabang ACT Malang, Mandiri Ratu Warang Agung mengatakan, per hari ini, dana yang sudah terkumpul sudah mencapai Rp 12 juta. Nantinya, penggalangan dana akan terus dilakukan sebelum didistribusikan ke korban bencana. 

Selain bantuan berupa materi, pihaknya juga sudah mengumpulkan bantuan berupa pakaian layak pakai. "Kami punya stok 1 kontainer pakaian layak pakai. Rencananya mau dikirim ke Lombok, tapi nanti akan dialihkan untuk bencana Palu. Karena di Lombok sudah cukup," ujarnya. 

Selain itu, lanjut dia, ACT juga akan mengirimkan bantuan berupa satu kapal kemanusiaan yang berisikan 1000 ton beras. "Nanti akan diakumulasi dari ACT berbagai daerah untuk kemudian dikirimkan," kata dia. 

Dia mengungkapkan, pihaknya mempunyai target bisa mengumpulkan dana sebesar Rp 1 miliar dari seluruh masyarakat Malang Raya hingga Desember nanti. Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan lumbung ACT peduli atau posko bantuan bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan. "Saat ini sudah ada 8 lumbung ACT yang tersebar di sekolah dan masjid," jelasnya. 

Nantinya, pihaknya juga akan mengirimkan relawan ACT Malang untuk membantu para korban bencana di Palu.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up