JawaPos Radar

Kejuaraan Barongsai DKI, Langkah Menuju PON 2020

29/09/2018, 18:21 WIB | Editor: Bagusthira Evan Pratama
Barongsai
Kejurda Barongsai DKI digelar di Pluit Village (ies/JPG)
Share this image

JawaPos.com - FOBI secara resmi membuka kejuaraan Barongsai di DKI Jakarta mulai Sabtu (29/9). Kejuaraan ini bisa sebakai langkah awal dalam mempersiapkan diri menuju PON 2020.

Barongsai sendiri sudah menjadi anggota KONI sejak 2013 lalu. Pada PON 2016 kemarin, mereka bahkan sudah berpartisipasi dengan ajang eksibisi.

“Kita gembira Barongsai kini sudah jadi anggota KONI pada 2013 dan sudah dieksibisikan pada 2016, dan mudah-mudahan bisa dipertandingkan dalam PON 2020,” kata Wakil Ketua DPR RI, Utut Hadianto.

Barongsai, FOBI,
Kejurda Barongsai DKI digelar di Pluit Village (Ies/JawaPos.com)

Kejurda Barongsai DKI sendiri mempertandingkan 18 tim dan sedikitnya 200 atlet. Setelah Kejurda, para atlet akan dihadapkan pada Kejurnas di Sumbar pada 9-11 November 2018.

"Olahraga barongsai sudah dipertandingakn di regional bahkn internasional. Dari Jakarta sendiri sudah raih emas di tingkat internasional. Ini olahraga luar biasa. Olahraga ini memiliki semangat tak asing buat Indonesia yakni semangat gotong rotong, seperti yang digaungkan Bung Karno," papar Ketum FOBI Jakarta, Charles Honoris.

Dalam Kejurda ini ada dua nomor yang dipertandingkan, yakni tradisional dan tonggak. Tonggak yang dinilai dari mulai sopan santun, kerja sama kepala dan buntut, loncat sambil mundur hingga nungging.

"Sementara, penilaian Tradisional yang diterima sopan santun, ekspresi, keterampilan, hasil permainan, kostum, hingga alur cerita," ujar Sekjen FOBI, Xaverius Djunior.

(ies/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up