JawaPos Radar

BTS Telekomunikasi Terhenti, Kemenkominfo Bawa 31 Telepon Satelit

29/09/2018, 16:51 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
BTS Telekomunikasi Terhenti, Kemenkominfo Bawa 31 Telepon Satelit
keberangkatan 31 telepon satelit Bakti tersebut bersama dengan tim pemulihan bencana Sulawesi Tengah yang terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Kemenkominfo, Kementerian Sosial, Badan SAR Nasional (Rian/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tim dari Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membawa sebanyak 31 telepon satelit menuju lokasi bencana gempa dan tsunami di Donggala, Sulawesi Tengah pada Sabtu, (29/9). 

Dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, keberangkatan 31 telepon satelit Bakti tersebut bersama dengan tim pemulihan bencana Sulawesi Tengah yang terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Kemenkominfo, Kementerian Sosial, Badan SAR Nasional, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan perwakilan TNI dan Polri.

Adapun 31 telepon satelit dari dari Bakti Kemenkominfo nantinya akan digunakan untuk komunikasi seluruh jajaran petugas berwenang di lapangan. Hal tersebut demi memperlancar komunikasi selama masa tanggap darurat baik keluar daerah bemcana maupun koordinasi ke sekitar area bencana. Tim Bakti Kemenkominfo juga akan bergabung dengan 25 tim dari Kemenkominfo Palu.

Soal jaringan seluler, pihak Kemenkominfo mengatakan bahwa hingga pukul 05.00 pagi tadi, sebanyak lebih dari 500 BTS telekomunikasi seluler tidak dapat berfungsi karena pasokan listrik yang mati.

Kemenkominfo juga mengatakan akan segera menyiapkan perangkat internet satelit untuk memudahkan pengiriman informasi dan data pascabencana.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up