JawaPos Radar

Komunitas Stand Up Muda Depok Deklarasi Setia pada Pancasila

29/09/2018, 16:44 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komunitas Stand Up Muda Depok Deklarasi Setia pada Pancasila
Generasi muda atau generasi millennials, perlu terus menggali makna dan arti nilai-nilai yang tercantum dalam sila-sila Pancasila karena sesungguhnya nilai luhur Pancasila telah menjadikan bangsa Indonesia menjadi manusia beradab (Jawapos)
Share this image

JawaPos.com - Generasi muda atau generasi millennials, perlu terus menggali makna dan arti nilai-nilai yang tercantum dalam sila-sila Pancasila karena sesungguhnya nilai luhur Pancasila telah menjadikan bangsa Indonesia menjadi manusia beradab. Hal tersebut disampaikan komika Andri Sakti, dalam acara pentas stand up  comedy bertema Pancasila Era Millennials Tetap Pancasila. Salah bukti peradaban hasil pengamalan dalam sila Pancasila, adalah toleransi beragama yang dijunjung tinggi oleh rakyat Indonesia, bahkan sejak sebelum Indonesia merdeka.

"Berkat Pancasila kita bisa hidup berdampingan secara damai selama puluhan tahun, meski berbeda agama, beda bahasa dan beda budaya", kata Andri, Sabtu, (29/9).

Selain itu, nilai-nilai yang tercantum pada sila Pancasila mampu memberikan kebebasan pada warga negara Indonesia untuk menggunakan haknya tanpa merugikan hak org lain. "Kita bisa beribadah dengan aman dan nyaman, meski berbeda agama. Ini semua berkat pengamalan Pancasila", tambah Andri.

Sejak masa reformasi, pengamalan nilai luhur Pancasila oleh generasi millennials memang mengalami banyak ujian akibat beragam peristiwa yang terjadi di dalam negeri maupun akibat pengaruh dari luar. Perbedaan pandangan politik, adanya jurang pemisah antara yang kaya dan miskin.

Banyaknya kasus korupsi yang menimpa para pejabat negara dan anggota parlemen serta belum meratanya kehidupan ekonomi di semua  lapisan masyarakat merupakan sedikit dari faktor internal yang mempengaruhi pemahaman generasi millennials terhadap nilai-nilai sila Pancasila.

Penyebaran isu negatif dan berita hoax di media sosial akibat derasnya arus informasi sebagai efek globalisasi. Masuknya ideologi trans nasional merupakan faktor eksternal yang turut mempengaruhi pemikiran generasi muda atau generasi millennials.

"Jika generasi millennials tidak cermat dalam memahami peristiwa tersebut, niscaya generasi milenial akan ikut terseret dan tidak mampu bersikap yang sesuai dengan sila Pancasila. Jika generasi millennials ikut terseret pada pemikiran yang tidak sesuai dengan Pancasila, maka masa depan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia bisa terancam," kata Komika Heri Hore.

Oleh karena itu, ujar Heri, kita perlu memberikan apresiasi upaya Presiden Jokowi yang sedang giat berusaha untuk menata kembali pemahaman masyarakat terhadap Pancasila melalui pembentukan Unit Kerja Presiden - Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP - PIP). Beliau juga melakukan terobosan dalam membangun sumber daya manusia Indonesia, melalui perogram Revolusi Mental.

"Kita acungkan jempol buat Pak Jokowi yang berani melakukan terobosan, untuk membangun bangsa Indonesia dari hal yang paling prinsip, yaitu membangun sumber daya manusia yang berjiwa Pancasila", kata Komika Arie Rante. 

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up