JawaPos Radar

Sandiaga Batal ke UB, Pius: Beliau Ditegur Bawaslu

29/09/2018, 15:15 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Pius Lustrilanang
Politikus Partai Gerindra Pius Lustrilanang saat di Universitas Brawijaya, Malang, Sabtu (29/9). (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan menghadiri undangan Sidang Disertasi Pius Lustrilanang di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB), Malang, Sabtu (29/9). Namun Sandiaga batal hadir setelah mendapat teguran dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pius mengaku dikabari Sandiaga melalui sambungan telepon. "Tadi malam ditelepon Pak Sandi. Beliau mendapat teguran dari Bawaslu kalau tidak boleh masuk kampus. Saya tidak tahu. Saya undang beliau (Sandiaga) atas nama pribadi, tidak ada kaitan politik," ujar politikus Partai Gerindra itu.

Pius menegaskan, acara ini merupakan resepsi. Seharusnya tidak ada larangan bagi seseorang untuk menghadiri sebuah acara. "Bagi saya kan ini resepsi. Orang tidak boleh dihalangi menghadiri resepsi. Orang tidak boleh hadiri wisuda anaknya di kampus. Menurut saya ini berlebihan," tandasnya.

Pius sendiri tidak mengetahui secara persis kejadian sebenarnya hingga Sandiaga memutuskan untuk tidak menghadiri acaranya. "Tapi Pak Sandi mendapat teguran dari Bawaslu saat di Madiun atau Mojokerto. Saya juga kurang tahu, pokoknya acara kemarin," terang mantan anggota DPR RI tersebut.

Ada kemungkinan untuk menghindari kesalahan persepsi, Sandiaga akhirnya memutuskan untuk membatalkan kedatangannya. "Menjaga adanya teguran dari Bawaslu. (menurut saya) Kalau dilarang, tidak," terangnya.

Pius pun mengaku kecewa atas ketidakhadiran Sandiaga. Apalagi ini merupakan acara penting dalam hidupnya. "Tentu saja kecewa. Wajarlah, ketika undangan spesial tidak datang. Saya berharap teman-teman datang. Apalagi yang saya perjuangkan untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur di DKI. Tapi apapun pertimbangan Sandi tidak jadi ke sini, saya menghargai dan memahami sepenuhnya," paparnya.

Sementara itu, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kuncoro Puspito menambahkan, pihaknya turut menghadiri acara tersebut karena ingin melakukan konfirmasi terkait pelarangan Sandiaga. "Saya mau konfirmasi, katanya ada pencegahan untuk kegiatan Sandi ke sini. Saya ada perintah dari Bawaslu kota," tutur Kuncoro.

Panwaslu masih melakukan konfirmasi siapa pihak yang melakukan pencegahan terhadap Sandiaga. Menurut Kuncoro, sebenarnya tidak ada larangan dari Bawaslu terkait kehadiran Sandiaga ke Malang. Asalkan tidak memakai atribut partai. "Kalau hanya mendatangi acara, sebenarnya tidak masalah," ujarnya.

Pius sendiri melaksanakan Sidang Disertasi untuk memperoleh gelar Doktor dari FIA UB. Pada kesempatan tersebut, Gubernur DKI Anies Baswedan juga turut hadir sebagai penguji tamu.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up