JawaPos Radar

Kiai Ma'ruf Ajak Santri Doakan Korban Gempa Sulteng

29/09/2018, 14:29 WIB | Editor: Kuswandi
Maruf Amin
Cawapres KH.Maruf Amin saat berbincang dengan pimpinan Ponps Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo Jumat (28/9) (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ucapan duka cita terus mengalir untuk korban gempa di Donggala, dan Palu, Sulawesi Tengah. Kali ini datang dari Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin.

Dalam kunjungannya di Pondok Pesantren Bumi Sholawat Tulangan, Jawa Timur, Sabtu (29/9/), Ma'ruf mengajak para santri untuk bersama mendoakan para korban. Diharapkan dengan ini bisa membantu meringankan beban mereka.

"Kita bangsa Indonesia kembali diuji oleh Allah SWT. Saya secara pribadi dan para kiai dan santri turut berdukacita atas musibah yang terjadi di Donggala dan Mamuju, Sulawesi Utara," ungkap Ma'ruf.

Selain mendoakan para korban, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengajak seluruh umat agar turut serta menyalurkan bantuannya. Baik berupa harta, benda maupun hanya sebatas doa.

"Mari kita berdoa agar saudara kita diberi ketabahan dan kita tunjukkan bahwa bangsa ini selalu bangkit dan optimistis dengan membantu saudara kita semampu kita," sambung Ma'ruf.

Sebelumnya, Gempa bumi dengan kekuatan 7,4 SR mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) sekitar pukul 14.00 WIB. Pusat guncangan diketahui sedalam 10 kilometer dan berjarak 61 kilometer dari barat laut Kota Palu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pusat gempa berada di darat dan dirasakan keras di sekitar barat-barat daya Buranga. Berdasarkan analisis gempa dirasakan intensitas V-VI MMI.

"Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Gempa dirasakan sedang selama 10 detik di Kota Donggala,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (28/9).

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up