JawaPos Radar

Pembangunan Bendung Karet BKB Sudah 50 Persen

29/09/2018, 14:20 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat dijumpai di Gedung Korpri, Kota Semarang, Sabtu (29/9). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim pembangunan Bendung Karet di Banjir Kanal Barat (BKB) Kota Semarang sudah separoh jalan. Dari empat span yang dibangun, dua sudah kelar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Bendung Karet sepanjang 150 meter. Pembangunannya dibagi dalam empat rentang. "Tadi malam, saya sudah ke sana. Dua span sudah terpasang, 50 persen berarti. Selasa, kami buka cofferdam-nya," kata Basuki saat dijumpai di Gedung Korpri, Semarang, Jumat (29/9).

Kepala BBWS Pemali Juana Ruhban Ruzziyanto menambahkan, commissioning test kering atau pemeriksaan dan pengujian instalasi listrik juga sudah dilakukan. Sedangkan testing dan komisioning basah, akan dilakukan satu atau dua hari ke depan.

"Digenangi, sambil dibuka tutup. Kalau sudah mulai mengerjakan yang sebelah kirinya. Kalau bilang kanan-kiri itu ke laut, kalau aliran ya. Yang belum sebelah kiri dan nanti dipasang sheet pile untuk cofferdam-nya. Kemudian aliran rob tertahan nanti," terang Ruhban.

Seperti diketahui, Bendung Karet BKB dibangun sebagai penahan intrusi air laut dan menjaga debit air serta mendorong flashing sedimen sungai. Sesuai kontraknya, proyek yang digarap PT Adhi Karya dan Minarta ini memasuki tahap pengerjaan pada November 2017. Proyek dana sekitar Rp 170 miliar.

Diharapkan, cadangan air baku untuk seluruh warga Kota Semarang bisa bertambah dengan dibangunnya Bedung Karet. "Kemudian juga recharging masyarakat yang punya sumur dangkal nanti juga tidak asin lagi mudah-mudahan," imbuhnya.

Sesuai kontrak, proyek bakal rampung pada November 2019. "Tapi Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) sampaikan perlu percepatan. Sehingga Januari nanti akan selesai," tandasnya.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up