JawaPos Radar

Alasan Berzina Bukan Tindak Pidana Lagi di India

29/09/2018, 16:15 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
perzinaan, bercinta, seks, india,
Shine enggan membicarakan soal hukuman ini secara detail. Namun ia hanya menceritakan latar belakang permasalahan mengapa ia sangat berjuang keras untuk meminta penghapusan hukuman bagi perzinaan di India (Medium)
Share this image

JawaPos.com - Seorang Pengusaha hotel, Joseph Shine dilaporkan telah mengirimkan petisi ke mahkamah agung agar perzinaan tak dijadikan tindak pidana.  Ia diketahui merupakan seorang laki-laki yang telah menikah. Ia hanya ingin melindungi pria lain dari ancaman hukuman tersebut.

Shine enggan membicarakan soal hukuman ini secara detail. Namun ia hanya menceritakan latar belakang permasalahan mengapa ia sangat berjuang keras untuk meminta penghapusan hukuman bagi  perzinaan di India.

“Saya memiliki seorang teman dekat yang bunuh diri setelah seorang perempuan  membuat laporan pemerkosaan palsu,” Kata Shine mencoba menjabarkan pemicu keinginannya itu.

perzinaan, bercinta, seks, india,
Tuduhan pemerkosaan merupakan isolasi yang sangat parah bagi kaum pria (Diffen)

Ia menceritakan, temannya bunuh diri akibat malu dilaporkan melakukan pemerkosaan. Padahal saat bercinta, baik si perempuan dan temannya melakukannya karena sama-sama mau, bukan pemerkosaan.

Tuduhan pemerkosaan merupakan isolasi yang sangat parah bagi kaum pria. Ia juga mengungkapkan, ia yakin dengan adanya penghapusan peraturan mengenai perzinaan merupakan salah satu langkah dasar yang dapat memberikan perubahan yang sangat besar.

Dilaporkan sebelumnya bahwa Pasal 497 KUHP India membuat seorang pria yang melakukan hubungan dengan istri orang lain tanpa izin suaminya  menjadi sebuah pelanggaran berat. Ia menilai, peraturan itu sangat merusak hak para pria karena hukuman tersebut hanya berlaku bagi pria dan bukan wanita.

Dilaporkan oleh Hindustan Times, Pengacara Shine, Kaleeswaram Raj mempertanyakan bias gender dalam hokum kolonial. Ia juga mempertanyakan kesetaraan gender dalam urusan hukum di negaranya.

Tak hanya dari pihak Shine yang menolak, namun Hakim Agung India, Dipak Mirza juga tampak setuju dengan petisi tersebut. Dipak Mirza mengatakan dengan tegas perzinaan tidak seharusnya dijadikan sebuah kejahatan. “Peraturan ini juga dapat menjadi dasar perceraian seseorang,” Katanya menurut penilaiannya.

Dalam hal ini, Kaleeswaram Raj sangat mengagumi sosok dari Joseph Shine yang memiliki kepedulian yang sangat tinggi. Ia memuji Shine sebagai seseorang yang sangat suka membela kasus-kasus yang umum yang barangkali tidak ada hubungannya dengan Shine. Sejak kasus tersebut, Kaleeswaram Raj mengaku sangat tertarik dengan Kerala.

 
 

(am1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up