JawaPos Radar

Mendagri Beri Dua Instruksi untuk Penanganan Gempa Donggala dan Palu

29/09/2018, 10:11 WIB | Editor: Kuswandi
Tjahjo Kumolo
Mendagri Tjahjo Kumolo saat diwawancara awak media beberapa waktu lalu (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan dua instruksi penting pada jajaran pemerintah daerah, di sekitar lokasi bencana gempa yang terjadi di Palu dan Donggala. Dua instruksi tersebut merupakan hasil dari rapat koordinasi darurat yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Tjahjo mengatakan, dalam dua instruksi itu, ada hal - hal yang harus cepat dilakukan jajaran pemerintah daerah untuk bahu-membahu membantu wilayah yang terkena musibah.

"Pertama saya menginstruksikan pada seluruh pemerintah daerah sekitar daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Mamuju dan sekitarnya agar segera mengirim bantuan peralatan dan logistik, tenaga medis, bahan makanan, obat - obatan, ambulance, pakaian, tenda dan lain sebagainya yang dibutuhkan dalam keadaan darurat. Selain itu, pemerintah daerah mengerahkan Satpol PP dan Damkar untuk ikut cepat menolong korban", jelas Tjahjo dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Sabtu (29/9).

Instruksi kedua kata Tjahjo, yaitu memerintahkan kepada Wali kota Palu dan Bupati Donggala untuk segera mengeluarkan surat keputusan tentang pernyataaan keadaan darurat bencana, supaya pemerintah daerah punya payung hukum untuk menggunakan sumber pembiayaan APBN.

"Untuk penanganan cepatnya harus dibantu segera dalam bentuk barang, peralatan dan sarana - prasarana lainnya yang dapat dimobilisasi segera. Prinsipnya saya meminta kepada jajaran pemerintah daerah segera tindaklanjuti untuk serius membantu saudara kita yang terkena musibah di Palu dan Donggala" pungkasnya.

Sekadar infromasi, pada Jumat malam (28/9), ada agenda rapat darurat dengan agenda mengkoordinasikan penanganan langkah cepat terhadap bencana Gempa dan Tsunami yang menimpa wilayah Donggala dan Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Rapat tersebut diadakan di kantor Kemekopolhukam dengan dihadiri oleh Kemendagri, Mabes TNI, Mabes Polri, Kemenkominfo, PLN, Kemenhub, Kemensos, BNPB, BNKG dan Kemenkes.

"Pembahasan strategis rapat darurat malam ini memetakan kondisi lapangan dengan membuka jalur komunikasi, menggerakan seluruh aparat termasuk TNI/Polri serta menggerakkkan bantuan melalui darat, laut, dan udara," tutup Tjahjo.

(ipp/JPC)

Alur Cerita Berita

Kelangkaan BBM Mulai Teratasi 29/09/2018, 10:11 WIB
Akses ke Palu Makin Mudah 29/09/2018, 10:11 WIB
Pasar Manonda Palu Kembali Bergeliat 29/09/2018, 10:11 WIB
Jokowi Kerahkan Psikolog ke Sulteng 29/09/2018, 10:11 WIB
Gempa Sulteng, 2.736 Sekolah Rusak 29/09/2018, 10:11 WIB
TNI Kirim Tiga Pesawat ke Palu 29/09/2018, 10:11 WIB
TNI Kirim 6 Ton Alkes ke Sulteng 29/09/2018, 10:11 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up