JawaPos Radar

KPPAD Kepri Wanti-Wanti Pelibatan Anak Dalam Kampanye

29/09/2018, 09:50 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Erry Syahrial
Komisioner KPPAD Kepri Erry Syahrial (kanan). (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak Daerah (KPPAD) Kepulauan Riau (Kepri) mengeluarkan peringatan khusus terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2019. Baik Pemilihan Presiden (Pilpre) maupun Pemilihan Legislatif (Pilpres). Diharapkan, proses kampanye tidak melibatkan anak.

Selain telah diatur dalam peraturan pelaksanaan kampanye, pelibatan anak juga akan berpengaruh pada psikologi dan keselamatan anak itu sendiri. "Jangan sampai karena alasan ini dan itu, malah mengganggu mental anak. Kampanye itu juga tidak ramah untuk anak-anak," kata Komisioner KPPAD Kepri Erry Syahrial di Batam, Sabtu (29/9).

KPPAD Kepri akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait dengan pengawasan selama kampanye. Pelanggaran kampanye akan ditindak sesuai dengan sanksi yang telah ditetapkan.

Pada Pemilu 2019, Erry optimistis pelibatan anak dalam kampanye bisa ditekan bahkan ditiadakan. Pasalnya, Bawaslu sudah semakin diperkuat. Sebelumnya, Bawaslu hanya ada di tingkat Provinsi. Kini, Bawaslu sudah ada di tingkat kabupaten/kota.

Erry menekankan, Bawaslu memegang peranan penting dalam menjaga terselenggaranya pemilu tertib. Pelibatan anak pada kampanye sebelumnya ikut dipengaruhi ketegasan Bawaslu. "Di tingkat kecamatan juga tentu sudah diperkuat. Semoga semakin kuat ini bisa juga menjaga anak-anak dari kampanye," harap Erry.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up