JawaPos Radar

Catat 2 Resep Lezat yang Sehat Bagi Jantung

29/09/2018, 08:11 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
hari jantung sedunia, penyakit jantung, cegah penyakit jantung, makanan sehat, makanan untuk penderita jantung,
Ilustrasi resep sehat untuk jantung. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Setiap tahun penyakit kardiovaskular (CVD) seperti jantung dan stroke masih jadi momok bagi masyarakat. Penyakit ini adalah pembunuh nomor satu di dunia saat ini. Pada Hari Jantung Sedunia setiap 29 September, masyarakat diminta untuk memperbaiki pola makan demi jantung sehat.

Dalam keterangan tertulis, Jumat (28/9), Philips di bidang teknologi kesehatan bekerjasama dengan Federasi Jantung Dunia (WHF) meminta setiap orang berjanji menjaga jantung mereka dan seluruh kesehatan jantung. Sebuah janji sederhana untuk membuat beberapa perubahan gaya hidup kecil yang dapat memberikan kekuatan berbeda untuk kesehatan jantung. Seperti makan makanan yang sehat, pola makan seimbang, melakuan aktivitas 30 menit per hari atau berhenti merokok.

Memasak makanan bergizi dan lezat yang dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan segar adalah sebuah janji kepada jantung yang dapat dilakukan semua orang. Berikut adalah beberapa resep untuk kesehatan jantung yang lezat dan bergizi untuk dicoba di rumah.

1. Jus Kombinasi Apel, Nanas, Wortel dan Jeruk

Bahan-bahan (disajikan untuk 2-3 orang)
Bahan :
- 2 buah apel ukuran sedang
- 8 buah wortel
- 2 buah jeruk ukuran kecil (dikupas)
- 1 buah nanas madu (dikupas)

Cara membuat:
Proses semua bahan menggunakan juicer. Campurkan sari dari semua bahan dalam satu wadah, kemudian aduk hingga rata. Sajikan ke dalam 2-3 gelas saji terpisah.

Manfaat Resep Bagi Jantung

Sebuah penelitian dari Belanda yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa wortel sangat bermanfaat dalam pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah. Dalam penelitian ini, peneliti memisahkan buah dan sayuran berdasarkan warna menjadi empat kelompok: hijau, putih, merah/ungu dan oranye/kuning. Hasilnya, partisipan yang banyak mengonsumsi buah dan sayuran dalam kategori oraye/kuning, di mana wortel berkontribusi hingga 60 persen, memiliki resiko terendah terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah.

Para partisipan dimonitor selama 10 tahun, dan mereka yang paling banyak mengonsumsi wortel mengalami penurunan resiko penyakit jantung koroner hingga 32 persen. Jeruk dan nanas mengandung serat, potassium dan vitamin C tinggi yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi resiko stroke.

2. Fillet Ikan Panggang

Bahan-bahan (untuk 2 orang)
Bahan :
- 300g fillet ikan daging putih
- 1 sendok makan minyak zaitun
- Sedikit garam
- Sedikit lada
- 100g basil segar
- 2x suing bawang putih
- 1 sendok makan kacang pinus
- 1 sendok makan keju parmesan
- 40ml ekstrak minyak zaitun murni

Cara memasak: 
- Sapukan minyak ke seluruh permukaan ikan, bumbui dengan lada dan garam.
- Tempatkan fillet ikan pada panggangan dengan waktu dan suhu sesuai petunjuk. (180°C selama 9 menit).
- Haluskan daun basil, bawang putih, kacang pinus, keju parmesan, dan minyak zaitun dalam food processor hingga menjadi saus. Tambahkan garam secukupnya.
- Tempatkan fillet ikan pada piring penyajian dan sajikan dengan dilumuri saus pesto.

Manfaat Resep Bagi Jantung
Kebanyakan ikan berdaging putih memiliki kandungan lemak yang sangat rendah dan jumlah protein yang sangat tinggi. Ikan daging putih menyediakan energi bagi tubuh, sementara mengurangi kemungkinan penumpukan lemak. Ikan adalah pilihan utama, baik untuk melawan masalah kolesterol, penyakit jantung, hingga penyakit terkait pola makan atau berat badan lainnya.

Fillet ikan ini penuh dengan vitamin dan mineral penting dan kaya asam lemak omega-3. Kandungan asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoat (EPA) mampu membantu mencegah pembekuan darah, menstabilkan ritme jantung yang berbahaya, dan meningkatkan tekanan darah.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up