JawaPos Radar

Tasya Kamila Ajak Milenial Hobi Baca Biar Kreatif, Begini Katanya

29/09/2018, 07:04 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Tasya Kamila Ajak Milenial Hobi Baca Biar Kreatif, Begini Katanya
asya Kamila saat menjadi narasumber dalam Festival Lapak PerpuSeru yang digelar oleh Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI). (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Penyanyi Tasya Kamila dikenal sebagai artis yang cerdas dengan menyandang gelar S2 dari Amerika Serikat. Tak heran prestasinya itu bisa diraihnya, karena istri dari Randy Bachtiar itu gemar membaca.

Tasya Kamila yang juga seorang pemerhati pendidikan mengajak generasi milenial dalam kegiatan Festival Lapak PerpuSeru di Mal Kota Kasablanka. Menurutnya gerakan literasi melalui perpustakaan harus terus dibangun.

"Saya percaya bahwa literasi memegang peranan penting untuk kemajuan sumber daya manusia Indonesia. Literasi membantu setiap pribadi untuk berkembang menjadi sosok yang mandiri sosial, ekonomi dan kompeten. Mari kita bersama-sama terus gaungkan literasi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia," tegas Tasya dalam Festival Lapak PerpuSeru yang digelar oleh Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI), Jumat (28/9).

Menurut Tasya, minat baca harus ditumbuhkan sejak dini. Milenial yang rajin membaca, kata dia, pasti memiliki ide-ide kreatif yang out of the box. Sehingga dari ide bisa diimplementasikan menjadi karya nyata.

"Kadang kan milenial suka punya banyak ide menarik i. Tapi susah mengimplementasinya jadinya mager enggak produktif. Harus banyak-banyak baca browsing yang bagus dan banyak berkumpul dengan teman-teman yang produktif. Dari mulai ide sampai breakdown lalu bisa diaktualisasikan menjadi sebuah karya," kata pelantun lagu Anak Gembala itu.

Melihat keberhasilan PerpuSeru dalam memberikan dampak pembangunan kesejahteraan khususnya masyarakat pedesaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) yang didukung oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Pada tahun 2019, akan mereplikasi program PerpuSeru untuk menjadi salah satu strategi pengentasan kemiskinan melalui pemanfaatan perpustakaan untuk membangun kesejahteraan masyarakat, dalam kegiatan Prioritas Nasional.

Pada tahun 2019 Bappenas telah menyetujui program PerpuSeru untuk masuk ke dalam Prioritas Nasional dengan tiga tujuan yaitu pertama, pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar, melalui program prioritas. Kedua, pemerataan layanan pendidikan berkualitas dengan kegiatan prioritas. Ketiga, penguatan literasi untuk kesejahteraan dengan target 300 perpustakaan kabupaten.

Festival Lapak PerpuSeru yang kedua kali diselenggarakan ini, menghadirkan puluhan karya dan kisah sukses lintas daerah dan generasi, namun memiliki satu kesamaan yakni semangat maju bersama perpustakaan.

Literasi memegang peranan krusial dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang kompeten, khususnya pada generasi muda. Sejak November 2011, PerpuSeru (Perpustakaan Seru) telah meletakkan fondasi dasar transformasi perpustakaan berbasis teknologi, menjadikannya sebagai pusat belajar literasi.

Program PerpuSeru ini bermitra dengan Pemerintah melalui Perpustakaan Nasional dan perpustakaan daerah. Hingga saat ini program PerpuSeru telah berada di 18 provinsi, 104 perpustakaan Kabupaten, 1000 lebih perpustakaan Desa dan mencapai sekitar 14 juta masyarakat yang mengakses layanan perpustakaan serta memberikan dampak kemandirian sosial ekonomi pada masyarakat.

“Kami senang dan bangga bahwa program PerpuSeru yang diluncurkan oleh Coca-Cola Foundation Indonesia memiliki dampak yang nyata pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Kami ingin mendorong masyarakat khususnya generasi muda untuk terus mengembangkan diri melalui beragam program pelatihan di perpustakaan. Peserta Festival Lapak PerpuSeru hari ini merupakan bukti nyata mereka berhasil secara sosial dan ekonomi bersama perpustakaan”, tutup Chief Executive Coca-Cola Foundation Indonesia Titie Sadarini. 

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up