JawaPos Radar

Hari Jantung Sedunia, Sayangi 'Jantungku Jantungmu'

29/09/2018, 06:55 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
hari jantung sedunia, penyakit jantung, cegah penyakit jantung,
Hari Jantung Sedunia. (India Today)
Share this image

JawaPos.com - Dunia mengajak masyarakat untuk mewaspadai serangan jantung yang tiba-tiba. Sebab penyakit ini akan datang diam-diam dan mematikan atau silent killer. Dalam peringatan Hari Jantung Sedunia (World Heart Day) pada 29 September, cegahlah berbagai faktor risiko penyakit jantung.

Apa saja faktor risikonya? Merokok, diabetes, hipertensi, genetik, dan kolesterol. Semuanya sangat terkait erat dengan gaya hidup seseorang.

Yayasan Jantung Indonesia (YJI) mengajak setiap individu untuk berjanji kapada diri sendiri dan mengajak sekelilingnya untuk hidup lebih sehat. Tahun ini temanya adalah ‘My Heart, Your Heart’ atau 'Jantungku, Jantungmu'.

hari jantung sedunia, penyakit jantung, cegah penyakit jantung,
Ilustrasi serangan jantung. (Istimewa)

"Kami mengajak setiap individu di seluruh dunia untuk hidup lebih sehat dengan berjanji untuk menyayangi jantungnya dan jantung Anda semua," tegas Ketua Umum YJI Esti Nurjadin, baru-baru ini.

Hari Jantung Sedunia juga merupakan platform terbesar untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke. Esti mengajak masyarakat berjanji untuk hidup lebih sehat.

"Kami kampanye mengajak setiap insan untuk berjanji pada diri sendiri untuk lebih aktif berolahraga, say no to smoking, makan makanan yang lebih sehat adalah beberapa janji yang dapat dicatat sebagai resolusi pribadi sehingga pada akhirnya meningkatkan angka tingkat kehidupan masyarakat yang lebih sehat," jelasnya.

Esti yang didapuk memimpin YJI dalam kepengurusan baru semakin bersemangat mengajak masyarakat mencegah penyakitnya di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ia dan jajarannya pun akan terus mensosialisaskan kesadaran gaya hidup sehat.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up