JawaPos Radar

Mengenal Sosok Mobil Penjelajah Mars Ciptaan NASA

29/09/2018, 03:10 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Mengenal Sosok Mobil Penjelajah Mars Ciptaan NASA
Mobil penjelajah Planet Mars berjalan di kota New York (Carscoops)
Share this image

JawaPos.com – Sebuah mobil penjelajah planet Mars selesai dibangun oleh badan intariksa Amerika National Aeronautics and Space Administration (NASA). Mobil konsep ini memang telah diluncurkan di musim panas lalu di Mars Rover di Kennedy Space Center.

Akhirnya melalui sebuah acara khusus bersama seorang komedian bernama Stephen Colbert, NASA mau kembali menunjukan wujud mobil tersebut. Secara visual, mobil penjelajah  Mars ini terlihat seperti mobil khayalan yang biasa terlihat di film-film masa depan. 

Carscoops.com, Senin (25/9) menyebutkan sang komedian ditemani astrofisikawan Neil deGrasse Tyson sempat mencoba mobil tersebut mengelilingi beberapa titik di kota New York untuk merasakan sensasi mobil berbentuk aneh tersebut.

Dalam pengetesan itu, mobil hanya melaju pelan dengan kecepatan 4,8 km/jam, sehingga Colbert kecewa, namun pengujian yang tepat menggunakan metode tersebut karena pada saat-saat tertentu mobil akan terasa sangat nyaman di kondisi itu.

Dalam acara ini memang lebih banyak komedi dari pada eksploitasi mobil ini, tapi setidaknya NASA ingin memberikan sebuah edukasi pada publik dunia bahwa Mars tidak sebegitu menakutkan seperti yang dibayangkan orang.

Mobil konsep tersebut memang masih menunggu jadwal untuk keberangkatan misa jelajah Marsnya. Ia memiliki bobot kurang lebih 2.721 kg dan memiliki ruang legah untuk membawa empat orang. Sebagai penjelajah medan keras Mars, model ini juga dilengkapi suspensi off-road terfokus dan ban khusus anti pecah dengan ukuran 50-inci.

NASA mengklaim mobil konsep itu mampu mencapai kecepatan hingga 70 mph atau 112 km per jam, tapi bisa juga menyesuikan kecepatan antara 10-15 mph atau 16-24 km per jam di kondisi medan berat planet Merah. 

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up