JawaPos Radar

Isu Halal-Haram Jadi Penyebab Vaksinasi MR di Sumut Baru 39,9 Persen

28/09/2018, 22:00 WIB | Editor: Budi Warsito
Isu Halal-Haram Jadi Penyebab Vaksinasi MR di Sumut Baru 39,9 Persen
Vaksinasi MR rendah didelapan daerah (Rofiah Darajat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Vaksinasi measles-rubella (MR) di Sumatera Utara (Sumut) cukup rendah. Hingga akhir September 2018, vaksinasi itu baru mencapai angka 39,9 persen. 

Data Dinas Kesehatan Sumut per 25 September 2018 menyebutkan, dari total target 4.291.857 anak kelompok umur sembilan bulan - 15 tahun, baru 1.713.178 anak yang divaksin MR. 

Dari data itu, Kabupaten Labuhanbatu Selatan masuk angka terendah. Dari target 110.535 anak baru 2.422 atau 2,2 persen yang melakukan vaksinasi. 

Isu Halal-Haram Jadi Penyebab Vaksinasi MR di Sumut Baru 39,9 Persen
Vaksinasi MR rendah didelapan daerah (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Sumut, Suhadi mengatakan, pihaknya sudah berupaya penuh untuk mengkampanyekan soal pentingnya vaksinasi MR. Namun sayangnya belum direspon positif oleh masyarakat. 

"Faktor penyebab diantaranya adalah isu halal haram. Dan belum semua laporan secara manual masuk dari lapangan," ujar Suhadi, Jumat (28/9) petang. 

Isu halal haram ini memang sempat mencuat. Padahal, MUI telah mengeluarkan Fatwa Nomor 33/2018. Isinya menegaskan bahwa, penggunaan vaksin MR produk dari Serum Institute of India (SII) saat ini diperbolehkan atau mubah.

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Saadi menjelaskan, MUI mengimbau masyarakat tidak perlu ragu untuk melaksanakan imunisasi MR kepada anak-anaknya. 

"Demi melindungi anak-anak kita dari bahaya penyakit yang tidak kita inginkan," katanya di Jakarta kemarin (27/9).

Zainut menegaskan, vaksin MR diperbolehakan MUI karena tiga pertimbangan. Yakni, adanya kondisi keterpaksaan dan belum ditemukan vaksin MR yang halal dan suci. Kemudian, adanya keterangan dari ahli yang kompeten dan bisa dipercaya tentang bahaya yang ditimbulkan akibat tidak diimunisasi. 

(pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Dua Anak di Samarinda Positif Rubela 28/09/2018, 22:00 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up