JawaPos Radar

Jokowi: Jangan Ada yang Menghalangi Media

28/09/2018, 21:15 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Presiden Joko Widodo
BUKA KONGRES: Presiden Jokowi saat membuka kongres XXIV PWI di Solo, Jumat (28/9). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa media mempunyai peran penting dalam menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat. Terlebih di era digital seperti sekarang ini, di mana banyak sekali tersebar berita bohong atau hoax yang diterima oleh masyarakat.

Maka dari itu, Jokowi meminta kepada semua pihak agar tidak menghalangi media saat menjalankan pekerjaannya. "Kebebasan pers harus dijaga, media harus dilindungi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Maka dari itu, jangan ada yang menghalangi dalam menjalankan kerja jurnalismenya," terangnya saat memberikan sambutan dalam kongres XXIV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Solo, Jumat (28/9).

Jokowi mengakui bahwa informasi dari media memberikan dampak yang sangat besar terhadap persepsi masyarakat. Sehingga, jika sampai tersebar berita hoax dan dipercaya masyarakat maka dampaknya pun cukup berbahaya. Maka dari itu, media mempunyai peran penting dalam menyajikan berita benar, yakni berita yang berdasarkan fakta yang ada.

Selain itu, Jokowi juga menekankan bahwa jangan sampai ada pihak-pihak yang melakukan kekerasan terhadap wartawan. Negara mempunyai kewajiban untuk melindungi setiap warganya, termasuk juga seorang wartawan.

Maka dari itu, mantan Wali Kota Solo itu pun mewanti-wanti agar tidak ada pihak yang melakukan kekerasan dan menghalangi pekerjaan wartawan dalam menjalankan profesinya. "Negara wajib melindungi setiap warganya dari ancaman kekerasan, termasuk juga adalah wartawan," tandasnya.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung soal kesejahteraan para wartawan. Jokowi, berharap para wartawan juga mendapatkan tingkat kesejahteraan yang lebih baik. "Di sini ada pemilik media?," kelakar Jokowi disambut tawa peserta kongres.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up