JawaPos Radar

Ribuan Polisi Kawal MTQ Nasional yang Akan Dibuka Presiden Jokowi

28/09/2018, 20:21 WIB | Editor: Budi Warsito
Ribuan Polisi Kawal MTQ Nasional yang Akan Dibuka Presiden Jokowi
Edy Rahmayadi meninjau persiapan MTQ Nasional, Jumat (28/9). (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII Tahun 2018 tinggal menunggu waktu. Even nasional yang akan digelar seminggu lagi, dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Sumatera Utara (Sumut) yang bertindak sebagai tuan rumah, saat ini tengah merampungkan berbagai persiapan MTQ yang dilangsungkan pada 4-13 Oktober 2018.

Untuk mengamankan perhelatan MTQ XXVII, Kepolisian Daerah Sumatera Utara menyiagakan 2.168 personelnya. Selain mengamankan MTQ, ribuan personel itu juga akan mengawal kedatangan Jokowi ke arena MTQ di kawasan Jalan Pancing Kota Medan. 

Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan menjelaskan, pengamanan akan dilakukan sejak 2-15 oktober 2018. Penjagaan akan disebar ke beberapa titik. 

"Hingga ke penginapan para kafilah dan rute yang akan dilalui," kata MP Nainggolan, Jumat (29/9). 

Selain personel di lapangan, Polda Sumut juga akan menyiagakan kendaraan taktis.Pengamanan itu melibatkan berbagai satuan dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum (gakkum). 

"Dalam pengamanan itu kita membentuk beberapa satgas, seperti satgas kamseltibcar dan satgas tindak," pungkasnya.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi pun sudah melakukan pengecekan di lokasi MTQ Nasional. Persiapan untuk menyambut para kafilah dari seluruh provinsi se-Indonesia diminta tuntas sebelum pembukaan.

"Kita ingin semuanya terlihat bagus. Jadi saya mau ini semua disiapkan. Kita harus kerjakan, semua harus turun. Ini untuk Sumatera Utara," ujar Ketum PSSI itu. 

Aspek kesiapan fisik menjadi perhatian Edy. Dia meminta agar setiap stakeholder paham akan tanggungjawab masing-masing. 

"Kami juga berharap media (massa) membantu informasi dan publikasi tentang ini. Karena suksesnya event ini, sukses juga buat Sumut. Sampai saat ini kita lihat persiapan terus dilakukan. Kemudian untuk pendampingan, kita juga akan berupaya agar tamu-tamu kita terlayani," tandasnya. 

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up