JawaPos Radar

Timnas U-16

Gelandang Andalan Timnas U-16 Ini Nyaris Jadi Pemain Bulu Tangkis

28/09/2018, 19:41 WIB | Editor: Agus Dwi W
timnas u-16
Brylian Aldama sempat berlatih bulu tangkis sebelum fokus ke sepak bola. (Instagram)
Share this image

JawaPos.com - Nama Brylian Aldama memang gaungnya kurang keras dibanding si kembar Bagas Bagus di Timnas U-16. Namun, peran dan kontribusinya di tim asuhan Fakhri Husaini tersebut tak kalah vital. Brylian bertugas menghentikan alur serangan lawan sejak memasuki lini tengah. 

Di ajang Piala Asia U-16 2018, Brylian pun selalu jadi pilihan utama Fakhri Husaini. Terutama untuk mengisi pos gelandang bertahan. Bahkan sebelum menunjuk David Maulana, Brylian lah yang dipercaya memegang ban kapten tim Garuda Asia.

Meski sekarang sudah muncul sebagai andalan di Timnas U-16, siapa sangka kalau Brylian ternyata  lebih dulu menggeluti bulu tangkis. Keinginan mencetak Brylian menjadi pemain bulu tangkis merupakan salah satu obsesi sang ayah, Yusyanto.

Maklum, Yusyanto memang pernah menggeluti bulu tangkis. Toh hati Brylian memang tidak di olahraga tersebut. Hanya kuat berlatih tiga bulan, Brylian memutuskan berhenti berlatih olahraga tepok bulu angsa itu.

”Kakaknya jenuh main badminton, jadi Brylian juga ikut berhenti,” ucap Yusanto. ”Sebenarnya waktu main badminton Brylian juga lebih berbakat dari kakaknya.” 

Setelah berhenti mekekuni bulu tangkis, barulah pemain asli Sidoarjo itu beralih ke futsal. Hal itu dilakukannya saat Brylian duduk di bangku kelas 4 SD. Nah, dari situlah bakat sepak bola pemain bernomor punggung 18 di Timnas U-16 itu makin terlihat.

”Guru olahraganya bilang kalau Brylian mainnya bagus. Lalu, pak gurunya merekomendasikan saya untuk daftarkan dia ke SSB. Waktu itu saya masih awam sama sepak bola, terus disarankan untuk masuk ke SSB Gelora Putra Delta,” imbuh pria kelahiran Blora itu.

Keuletan Brylian dalam berlatihlah yang kemudian mempertemukannya dengan kesuksesan. Saat ini, dia berada dalam naungan SSB Chelsea Indonesia bersama beberapa rekan di Timnas. Di antaranya Amiruddin Bagas Kaffa, Amiruddin Bagus Kahfi, dan Sutan Zico.

”Saya selalu berpesan ke Brylian untuk berdoa sebelum tanding. Kedua, mainnya harus berani. Jangan takut. Kalau sudah takut duluan kan repot,” tutup bapak tiga anak itu.

(nia/bas)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up