JawaPos Radar

Web Pendaftaran CPNS Lemot, Bandwidth Ditambah 5 Kali Lipat

28/09/2018, 19:25 WIB | Editor: Imam Solehudin
Seleksi CPNS
Ilustrasi Seleksi CPNS. BKN menambah bandwidth web situs pendaftaran CPNS 2018. (Imam Husein/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran masuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 kerap kesulitan mengakses portal sistem seleksi CPNS nasional (SSCN). Padahal, registrasi akun sudah dilakukan sejak dua hari lalu, Rabu (26/9).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengakui ada permasalahan teknis di website tersebut. Sebagai solusi, pihaknya sudah menambah kuota jaringan atau bandwidth hingga 5 kali lipat.

Dia menjelaskan, kuota bandwidth yang sebelumnya diberikan untuk situs Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sebesar 2 megabyte per detik (megabyte per second/mbps). Hal tersebut yang menyebabkan penumpukan saat melakukan registrasi.

"Dukcapil kita lebarkan hingga 10 mbps, sebelumnya 2 mbps. Kita tingkatkan lima kali lipat. Untuk yang SSCN kita tingkatkan dua kali lipat jadi 4 mbps mudah-mudahan cukup,” ujar Bima di gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Jumat (28/9).

Proses penambahan bandwith sudah dilakukan sejak tadi malam. Dengan begitu, dia berharap tidak akan ada lagi masalah terkait akses website ke depannya.

“Tidak ada masalah lagi sejak tadi malam. Mudah-mudahan tidak ada masalah ke depan karena jaringannya itu sudah bekerja sama dengan Telkom, dan Telkom bersedia untuk membantu,” paparnya.

Seleksi CPNS tahun ini diperkirakan akan melibatkan 5-10 juta masyarakat Indonesia sedangkan ketersediaan CPNS 2018 hanya 238.015 formasi

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up