JawaPos Radar

Partai Berkarya Yakin Sosok Soeharto Masih Layak 'Jual'

28/09/2018, 18:45 WIB | Editor: Ilham Safutra
Partai Berkarya Yakin Sosok Soeharto Masih Layak 'Jual'
Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso. (Muhammad Ridwan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Berbagai macam cara parpol untuk menarik simpati masyarakat dan eletabilitasnya di Pemilu 2019. Partai Berkarya akan "menjual" sosok presiden kedua RI Soeharto dalam setiap kampanyenya.

"Kalau diperbolehkan dan tidak dilarang oleh Undang-Undang, kami berencana untuk secara masif memasang foto Pak Harto di spanduk, banner, baliho dan videotron se-Indonesia maupun Kabupaten/Kota," kata Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (28/9).

Kata Priyo, jika diboleh dalam regulasi maka pihaknya tidak ragu memasang foto Soeharto. Sebab ayah dari Hutomo Mandala Putra, ketua umum Partai Berkarya itu masih banyak dikagumi masyarakat. Publik masih menilai Soerharto sebagai bapak pembangunan.

Partai Berkarya Yakin Sosok Soeharto Masih Layak 'Jual'
Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra (kiri) (Issak Ramadhani/JawaPos.com)

Pola ini untuk menandingi cara PDIP yang juga memasang foto Presisden Pertama RI, Soekarno dalam setip kampanye. "Pandangan kami, Pak Harto adalah tokoh besar yang sangat berjasa bagi bangsa dan negara," ungkapnya.

Mantan Sekjen Partai Golkar itu menerangkan, sosok Soeharto merupakan seorang pemimpin telah berjasa terhadap negara, terutama ketika penumpasan pelaku G30S-PKI.

"Siapa pun pemimpin pasti ada sisi kekurangan, tapi tidak mengurangi jasa yang luar biasa dari Pak harto, termasuk ketegasan kepimpinan beliau dalam menumpasan G30S-PKI," paparnya.

Kendati demikian, sambung Priyo, jika terdapat sebagian orang mengidolakan Soekarno itu merupakan hak warga negara. Kondisi serupa juga berlaku dengan Soerharto. Sebab keduanya sama-sama pernah memimpin Indonesia. "Dengan segala prestasi luar biasa Pak Harto, juga dengan segala kekurangan sebagai manusia biasa," tandasnya.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up