JawaPos Radar

Ma'ruf Amin Berharap Ada Santri yang Jadi Presiden

28/09/2018, 18:32 WIB | Editor: Imam Solehudin
Jokowi-Ma'ruf Amin
Pasangan capres-cawapres, Jokowi-Ma'ruf Amin. Ma'ruf berharap suatu saat nanti ada seorang presiden atau wakil presiden yang berasal dari kalangan santri. (Miftahul Hayat/JawaPos)
Share this image

JawaPos.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin berkesempatan mengunjungi pondok pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (28/9). Di hadapan ratusan santri putri, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyampaikan beberapa pesan.

Ma'ruf berharap langkahnya maju dalam Pilpres 2019 dapat ditiru oleh para santri. Ia berharap kelak ada lagi pemimpin negara yang berlatar belakang santri.

"Mudah-mudahan besok ada santri yang jadi Presiden, atau Wakil Presiden. Saya mereka bisa seperti saya," ujar Ma'ruf di lokasi.

Untuk mewujudkan harapannya tersebut, mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu berpesan agar para santri tidak berkecil hati dalam menatap masa depan. Sebab mereka memiliki kesempatan sama dengan kaelompok non-santri.

Para santri ini disebut Ma'ruf memiliki kompetensi untuk menjadi seorang pemimpin negeri, selama di gembleng dengan baik. Selain itu mereka juga harus mempunyai jiwa bersaing pantang menyerah.

"Oleh karena itu santri tidak boleh rendah diri, kecil hati, santri bisa jadi apa saja. Bisa Guru, Menteri, Wakil Presiden, bahkan Presiden," jelas Ma'ruf.

Di sisi lain, Ma'ruf mengutarakan keinginannya untuk memenangkan Pilpres 2019 bersama Joko Widodo (Jokowi). Sebab sudah begitu lama seseorang berlatar belakang santri menjadi pemimpin negeri.

"Kalau saya jadi Wakil Presiden saya harap ini langkah awal untuk santri menjadi Wakil Presiden setelah Gus Dur santri yang jadi Presiden," pungkasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up