JawaPos Radar

Pilpres 2019

08 Ketemu Dubes Tiongkok, Soal Pendukung yang Lari Muzani Bilang Ini

28/09/2018, 17:36 WIB | Editor: Dimas Ryandi
08 Ketemu Dubes Tiongkok, Soal Pendukung yang Lari Muzani Bilang Ini
()
Share this image

JawaPos.com - Pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyebutkan negara Tiongkok sebagai negara yang penting bagi Indonesia. Mantan Danjen Kopassus itu meminta hubungan kedua negara harus terjalin dengan baik. 

Namun muncul kekhawatiran, karena pernyataan Prabowo itu bisa membuat sebagian pendukungnya lari. Menanggapi itu, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Ahmad Muzani mengaku tak khawatir seandainya pernyataan itu berimbas besar dengan dukungan ke jagoannya itu. 

"Enggak (khawatir ditinggal), pendukung Pak Prabowo itu rasional dan sangat memahami bahwa Tiongkok itu penting dalam konteks hubungan antar negara," ujar Muzani di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (28/9).

Lebih lanjut, Muzani menambahkan, Tiongkok juga dinilai sangat penting lantaran telah menjadi salah satu faktor utama bagi pembangunan negara Indonesia. Fakta-fakta ini juga tak bisa dinafikan.

"Tiongkok itu negara pemenang perang dunia kedua. Dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Apa lagi sekarang dengan faktor ekonomi yang juga sangat penting. Jadi kita tidak bisa menafikan faktor itu," ungkapnya.

Kendati begitu, Muzani juga tak setuju jika nantinya Indonesia terlalu bergantung dengan Tiongkok. Karena negara ini harus dapat hidup mandiri dan berdaulat. 

"Ini bisa menjadi kritik kita semua. Jadi jangan dikit-dikit Tiongkok dan selalu dianggap buruk. Nah kira-kira seperti itu," pungkasnya.

Sebagai informasi, pada (27/9) malam, Prabowo Subianto memang sempat menghadiri perayaan hari nasional negara Tiongkok yang digelar kedubesnya di Indonesia. Dalam kesempatan itu, Prabowo menyebut Tiongkok sebagai negara yang penting.

"Saya memandang Tiongkok sangat penting bagi Indonesia, jadi kita harus jalin hubungan baik, kita harus tingkatkan hubungan dalam tingkat yang lebih baik dan saling membantu," ujar Prabowo dalam keterangan tertulisnya.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up