JawaPos Radar

Tegas, Wali Kota Solo Larang Jalan Sehat Jokowi

28/09/2018, 17:45 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Selebaran Jalan Sehat Jokowi
JALAN SEHAT: Selebaran kegiatan jalan sehat yang akan diadakan di Jalan Slamet Riyadi Solo, Minggu (30/9). (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo menolak adanya jalan sehat yang rencananya akan dihadiri oleh calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), Minggu (30/9) pagi. Pelarangan ini dilakukan lantaran jalan sehat tersebut akan diadakan di jalan Slamet Riyadi, Solo atau di kawasan Car Free Day (CFD) atau area terlarang untuk kegiatan politik. 

"Kami tetap konsisten untuk melarang adanya kegiatan politik di kawasan CFD. CFD harus bebas dari kegiatan yang berkaitan dengan politik," tegas Rudy kepada JawaPos.com, Jumat (28/9) siang.

Meskipun, Rudy melanjutkan, dalam kegiatan tersebut ada pelarangan atribut partai dan yang lainnya, akan tetapi kehadiran salah satu calon Presiden sudah menjadi gambaran adanya kegiatan politik. 
Sehingga, Pemkot pun akan melarang kegiatan tersebut diadakan.

Terlebih, masih kata Rudy kegiatan yang turut mengundang calon presiden dari nomor urut 01 yakni Jokowi. Dan saat ini sudah memasuki masa kampanye. Sehingga, meskipun nanti peserta tidak menggunakan atribut partai kegiatan tersebut tetap saja bisa disebut sebagai kegiatan politik atau kampanye.

"Kegiatan yang dihadiri lebih dari 100 orang itu sudah bisa disebut kampanye, apalagi ini katanya akan mengerahkan 50 ribu orang dan ada capresnya jelas ada indikasi berbau politik," ucapnya. 

Pelarangan tersebut juga sudah disampaikan kepada pihak panitia, bahwa dilarang menggunakan kawasan CFD untuk kegiatan politik. "Katanya mau dipindahkan lokasinya, tetapi tidak tahu di mana," katanya.

Ditanya mengenai siapa yang menyelenggarakannya, Rudy juga mengaku tidak mengetahuinya. Yang jelas kegiatan tersebut tidak ada kaitannya dengan PDI Perjuangan. 

Sekadar diketahui, Minggu (30/9) mendatang sekelompok masyarakat akan mengadakan jalan sehat di Jalan Slamet Riyadi Solo. Jalan sehat tersebut direncanakan akan dihadiri oleh calon presiden nomor urut 01, Jokowi.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up