JawaPos Radar

Ikuti Jokowi-Ahok, Anies Akan Lelang Jabatan Eselon II

28/09/2018, 17:31 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Ikuti Jokowi-Ahok, Anies Akan Lelang Jabatan Eselon II
Ilustrasi: Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menggadakan lelang jabatan seperti yang pernah dilakukan oleh pemerintahan Jokowi-Ahok. (Radar Lamsel/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Perombakan pejabat eselon II oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menyisakan kekosongan di beberapa jabatan. Hal itu pun menuai kritik dari kalangan dewan, karena dikhawatirkan akan menganggu stabilitas layanan masyarakat.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah memastikan, Pelaksana Tugas (Plt) tetap bisa mengambil keputusan bagi sebuah SKPD. Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Apa yang biasa dilakukan oleh kadis juga bisa dilakukan oleh Plt. Jadi sama saja tugas kadis dan Plt, itu tertulis. Jadi para teman-teman yang diberikan amanah oleh gubernur sebagai Plt ya tidak usah ragu-ragu, ya kerja saja," kata Saefullah, di Balai Kota DKI Jakartta, Jumat (28/9).

Sementara itu, untuk menutupi kekosongan jabatan tersebut, rencananya Anies akan mengadakan lelang jabatan. Seperti diketahui cara tersebut sebelumnya digunakan oleh pemerintahan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama saat menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Pak Gubernur menghendaki ada lelang jabatan. Jadi pelantikan yang lalu dan yang kemarin itu kan menyisakan Plt, nah akan diisi melalui lelang. Sebentar lagi lah, Insya Allah minggu depan," ucapnya.

Lelang ini terbuka bagi PNS yang memenuhi syarat. Mereka yang berminat bisa mendaftarkan diri melalui sistem online yang disiapkan. Ada bebera[a syarat yang harus dipenuhi seperti minimal 2 tahun menduduki jabatan eselon III, usia maksimal 56 tahun, serta lainnya.

Para pelamar nantinya akan mengikuti serangkaian tes mulai dari Computer Assisted Test (CAT), pembuatan makalah, psikotes, dan wawancara. Setidaknya ada 16 jabatan yang akan dilelang pada kesempatan ini. 

Namun dirinya belum bisa memastikan, apakah lelang hanya diperuntukan bagi PNS DKI atau terbuka untuk ANS nasional. Hal itu masih menunggu keputusan dari Anies. "Lagi nunggu arahan Pak Gubernur. Sepertinya akan ada yang sifatnya nasional dan lokal," ujarnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up