JawaPos Radar

Asian Para Games 2018

Ingin Tantangan Baru, Atlet Para Balap Sepeda Ini Pindah ke Lawn Bowl

28/09/2018, 16:57 WIB | Editor: Banu Adikara
Asian Para Games 2018, lawn bowl, Indonesia, I Wayan Damai
I Wayan Damai, atlet para balap sepeda yang bantimg setir ke lawn bowl (Bintang Rahmat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Awalnya, I Wayan Damai merupakan atlet difabel yang turun di olahraga para balap sepeda. Namun di Asian Para Games 2018 mendatang, Damai tidak akan turun di nomor spesialisnya tersebut lantaran sudah bergabung dengan timnas lawn bowl.

Prestasi Damai sebagai atlet difabel balap sepeda sebetulnya cukup baik. Pada ASEAN Para Games 2017 tahun lalu, ia sukses meraih dua medali. "Kemarin di para cycling kebetulan saya dapat perak dan perunggu. Dari situ saya kemudian dipanggil ikut timnas para cycling. Namun bulan Maret kemarin saya putuskan pindah ke lawn bowl," ujar Damai.

Kepindahannya ke cabang olahraga lawn bowl bukan tanpa alasan. "Saya mau coba olahraga baru. Karena kebetulan juga tahun 2017 kemarin (kompetisi kejuaraan dunia lawn bowl, Red) di Korea Selatan saya mendapat medali perak," ucapnya.

Meskipun berubah haluan, Damai tidak menemui kesulitan yang berarti. Bahkan dia dapat dengan mudah menguasai olahraga tersebut. "Karen saya sebelumnya pernah ikut pertandingan di Singapura dan latihan di Bali. Setidaknya saya tidak grogi dan bisa beradaptasi," jelasnya.

Damai pun sudah melakukan persiapan yang cukup panjang jelang Asian Para Games 2018. Ia pun mengaku siap bertarung dengan atlet difabel Asia lainnya. "Kita sudah training camp dari Januari di Solo. Kita juga sudah latihan di venue ini (Lapangan Hoki Gelora Bung Karno, Red) hampir tiga minggu," tukasnya.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up