JawaPos Radar

Diundang Sri Sultan, Jokowi Disuguhi Jajanan Khas Jogja

28/09/2018, 16:31 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Presiden Joko Widodo
SILATURAHMI: Presiden Joko Widodo usai menghadiri pembagian sertifikat tanah di Jogja Expo Center (JEC), Jumat (28/9). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Mengawali kunjungannya ke Jogjakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk bersilaturahmi ke Keraton Jogjakarta dan bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X, Jumat (28/9) pagi. Dalam lawatannya tersebut, keduanya dikabarkan membahas beragam permasalahan, mulai dari persoalan bangsa dan negara, hingga bertanya kabar cucu.

Uniknya, dalam silaturahmi yang diisi dengan sarapan pagi tersebut juga disuguhkan beberapa jajanan pasar. Mulai dari gatot, cenil, ketan irang hingga lupis.

Kepada wartawan, Jokowi mengatakan silaturahmi ke Keraton Jogjakarta tersebut atas undangan dari Raja Jogjakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Terlebih selama ini, Jokowi mengaku tak sempat datang ke keraton meski sering datang ke Kota Gudeg ini.

"Saya kan sering di Jogja. Karena sibuknya acara saya nggak bisa silaturahmi ke Keraton. Oleh sebab itu tadi pagi ada undangan silaturahmi dari Sultan. Beliau mengundang saya. Banyak jajanan pasar," ujarnya usai menghadiri acara penyerahan sertifikat tanah di Jogja Expo Center (JEC), Jumat (28/9) siang.

Meski tidak merinci isi pertemuannya dengan Sri Sultan, mantan wali kota Solo tersebut membocorkan sedikit perihal pembicaraan keduanya. "Berbicara banyak hal, bicara mengenai cucu. Tapi juga ada yang serius mengenai negara dan kebangsaan," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengkubuwono X mengaku memang sengaja mengundang Presiden Jokowi. "Memang saya yang mengundang," kata dia.

Namun saat didesak perihal pembicaraan keduanya, Sri Sultan enggan membeberkan lebih jauh. "Kenegaraan, masalah negara bangsa. Itu saja, mosok ya saya sebutkan," pungkasnya.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up