JawaPos Radar

Divestasi Saham Freeport Beres, Manajemen Baru Akan Diputuskan Bersama

28/09/2018, 16:14 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Divestasi Saham Freeport Beres, Manajemen Baru Akan Diputuskan Bersama
Menkeu Sri Mulyani, Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri BUMN Rini Soemarno menyaksikan penandatangan akusisi saham PT Freeport Indonesia oleh PT Inalum (DOK. MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com - Perjanjian jual-beli untuk meningkatkan kepemilikan saham Indonesia di PT Freeport Indonesia (PTFI) menjadi 51,23 persen telah disepakati. Kini proses tersebut hanya tinggal menunggu pembayaran saja.

Dalam kesepakatan itu, kedua belah pihak telah menyepakati harga divestasi saham Freeport Indonesia untuk meningkatkan kepemilikan Indonesia dari 9,36 persen menjadi 51 persen sebesar USD 3,85 miliar atau setara Rp 53,9 triliun (kurs Rp 14 ribu).

Jika sudah berhasil diakuisisi, nantinya perubahan dalam tubuh manajemen PTFI akan berubah. Direktur Utama PT Inalum (Persero) Budi Gunadi Sadikin menegaskan perombakan manajemen nantinya akan dilakukan secara bersama.

"Kita akan pilih bersama-sama (belum disepakati untuk itu?) iya jadi kita akan pilih bersama, kita perhatikan yang terbaik supaya jangan terganggu," ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (28/9).

Dia menegaskan, keputusan bersama itu dilakukan dalam rangka menjaga kinerja PTFI agar tetap solid. Apalagi, upaya Inalum untuk bisa melakukan divestasi saham dilakukan melalui pinjaman bank yang perlu dijamin iklim usahanya.

"Karena banyak proses pengambil alihan itu, teman-teman tahu sendiri kalau nggak mulus produksinya turun. Itu yang ingin kita pastikan tidak terjadi. Apalagi kita pinjam," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up