JawaPos Radar

Claudia Kim Diprotes Penggemar Harry Potter Gara-gara Perankan Nagini

28/09/2018, 18:15 WIB | Editor: Deti Mega Purnamasari
Claudia Kim Diprotes Penggemar Harry Potter Gara-gara Perankan Nagini
Claudia Kim (Soompi)
Share this image

JawaPos.com – Aktris Korea Claudia Kim diprotes para penggemar Harry Potter berkaitan dengan peran yang diberikan padanya sebagai Nagini. Penggemar menilai, Claudia tidak cocok memerankan peran tersebut dan disampaikan melalui beragam tanggapan.

Trailer terbaru untuk film Fantastic Beasts: The Crimes Of Grindelwald mengungkap karakter di dalam film tersebut. Salah satunya diketahui bahwa Claudia Kim akan memerankan tokoh Nagini, yang merupakan seorang Maledictus, yang semula merupakan manusia tetapi mendapat kutukan sehingga berubah menjadi ular bernama Nagini.

Dilansir dari Koreaboo, Jumat (28/9), penggemar Harry Potter menyebut bahwa Nagini tidak cocok direpresentasikan sebagai seorang dari Asia Timur seperti yang akan diperankan oleh Claudia, mengingat Nagini merupakan tangan kanan dari Voldemort, musuh bebuyutan Harry Potter.

“Sekarang diketahui Claudia Kim yang memerankan Nagini. Dia darah terkutuk untuk menjadi binatang dan itu hanya memengaruhi wanita dan tentu saja dia memilih wanita Asia seperti itu. Itu stereotip yang cukup menjijikan,” tulis penggemar bernama Natalie di akun Twitter.

“Dengarlah Joane, kamu memahaminya. Kamu tidak perlu menyertakan representasimu ketika menulis buku, tapi tiba-tiba membuat Nagini menjadi wanita Korea adalah sampah. Representasi sebagai renungan untuk lebih banyak poin yang terbangun, bukanlah representasi yang baik,” komentar penggemar bernama Jen Moulton mengomentari cuitan penggemar lainnya.

Menanggapi protesnya para penggemar tersebut, penulis buku Harry Potter dan Fantastic Beasts, J.K. Rowling memberi klarifikasi dalam akun Twitter-nya tentang pilihannya tersebut.

“Naga adalah ular mitologis mirip ular mitologi Indonesia sehingga diberi nama Nagini. Terkadang mereka digambarkan bersayap, setengah manusia, setengah ular. Indonesia terdiri dari beberapa ratus etnis, termasuk Jawa, Tionghoa, dan Betawi. Semoga harimu menyenangkan,” tulis Rowling.

Akibat kontroversi ini, Claudia Kim yang sudah mengeskpresikan kebahagiaannya karena karakternya diperkenalkan, tidak lagi berbicara banyak.

Adapun film Fantastic Beats: The Crimes Of Grindelwald dibintangi oleh Johnny Depp, Eddie Redmayne, Jude Law, dan sederet bintang lainnya, termasuk Claudia Kim. Sama seperti serial Harry Potter, film ini juga diangkat dari novel karya J.K. Rowling berjudul sama yang ceritanya pun masih berhubungan dengan kisah Harry Potter.

Rencananya film ini akan dirilis pada 16 November 2018 mendatang, menyusul Fantastic Beats series yang dibuat sebelumnya pada tahun 2016 berjudul Fantastic Beasts and Where to Find Them.

(ce1/dmp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up