JawaPos Radar

MediaTek Ogah Disebut Chipset Murahan, Begini Katanya

28/09/2018, 14:42 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
MediaTek, MediaTek Chipset, MediaTek Chipset Murah
Senior Manager Corporate Sales and Business Development MediaTek Asia and Africa, Pang Sui Yen di sebuah sesi media di Jakarta. (Istimewa/MediaTek)
Share this image

JawaPos.com - MediaTek sering kali dicap sebagai chipset smartphone murah. Rumor tersebut rupanya sampai ke telinga perusahaan. Sontak saja, produsen System on Chip (SoC) itu membantah kabar bahwa chipset MediaTek tidak bertenaga jika dibandingkan dengan vendor-vendor lainnya.

Senior Manager Corporate Sales and Business Development MediaTek Asia and Africa Pang Sui Yen mengatakan, adanya label sebagai chipset smartphone murah itu tidak lepas dari kesalahan mereka di masa lampau. "Kami tengah berusaha mengubah stigma itu," ujarnya di sebuah sesi media di Jakarta, Kamis (27/9).

"Kalau dibandingkan dengan kompetitor, kami memang telat. Kami akui kami telat membuat tim marketing untuk sharing soal keunggulan prosesor MediaTek di masing-masing line-up produk kami ke konsumen dan masyarakat," imbuhnya demikian.

Lebih jauh, dia menyebut bahwa setiap vendor memiliki fokus berbeda-beda. Begitu pun MediaTek memiliki line-up dengan fokus yang berbeda. Masing-masing fokus yang ingin di-highlite seperti konsumsi daya, kecerdasan buatan atau artificial intteligence (AI), kemampuan olah gambar, dan lainnya.

Karena itu, Pang Sui Yen menegaskan bahwa stigma yang melekat bahwa prosesor MediaTek kurang berkualitas dan kerap tertanam di smartphone murah itu salah. Pasalnya, menurut dia, produk MediaTek juga telah digunakan oleh sejumlah perusahaan besar, seperti Microsoft, Amazon, Telkomsel, dan lainnya. Pemilihan produknya oleh perusahaan-perusahaan tadi disebutnya sebagai bukti kualitas chipset bikinannya.

Sementara itu, saat ini MediaTek memiliki empat lini chipset mencakup berbagai kategori, yaitu lini entry-level dengan angka-angka lini menengah bawah yang diisi seri Helio A. Sementara untuk menengah atas pada seri Helio P dan yang paling mutakhir ada pada seri Helio X.

Sekadar informasi, MediaTek baru-baru ini hadir pada tubuh smartphone terbaru bikinan Xiaomi. Ada dua smartphone Xiaomi yang dipercaya menggendong chipset MediaTek untuk sektor dapur pacunya. Pertama ada MediaTek Helio P22 pada Xiaomi Redmi 6 dan MediaTek Helio A22 pada Xiaomi Redmi 6A.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up