JawaPos Radar

Tingkat Kesulitan Tinggi, Biaya Pembangunan MRT Fase II Lebih Mahal

28/09/2018, 14:40 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Tingkat Kesulitan Tinggi, Biaya Pembangunan MRT Fase II Lebih Mahal
Rangkaian kereta MRT Jakarta di Depo Lebak Bulus. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menganggarkan Rp 22,5 triliun untuk untuk pembangunan MRT fase II Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Kampung Bandan. Angka tersebut lebih mahal dibandingkan dengan anggaran untuk fase I.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar tidak memungkiri jika anggaran ini jauh lebih besar dari fase I. Padahal, jaraknya lebih dekat yaitu 8,3 kilometer dibandingkan fase I yang mencapai16 kilometer.

"Anggaran yang sedang disiapkan berdasarkan feasibillity tadi dan itu sebesar Rp 22,5 triliun," kata William saat dikonfirmasi Jumat (28/9).

William menyampaikan ada alasan-alasan terkait lebih mahalnya MRT Fase II ini. Pertama karena tingkat kesulitannya secara teknis lebih tinggi.

"Fase 2 akan sifatnya underground bawah tanah semua dan lebih dalam dari fase 1 karena ada beberapa fase publik seperti kawasan Monas, Kota Tua, sungai ada Kali Ciliwung yang dilalui di Harmoni," terang William.

"Tingkat tanah lebih sulit karena ada laut di depannya sehingga ini membutuhkan tingkat teknik yang lebih," imbuhnya.

Diinformasikan, MRT ini mulai bisa digunakan untuk umum pada 2024. Prosesnya saat ini akan masuk tahap persiapan teknis, mulai dari feasibility study hingga basic engineering design. Sesuai timeline yang dibuat, MRT Fase II ini pun akan mulai dikerjakan pada akhir 2018.

"Fase II kita rencana mulai akhir tahun ini, jadi ini direncanakan sedang persiapan teknis. Persiapan paket pertama sedang dilaksanakan. Kalau kami bisa mulai akhir tahun ini, direncanakan 2024 fase II beroperasi," ujarnya.

Willian menambahkan saat ini feasibility study sudah selesai. Bahkan, paket-paket sudah mulai dilakukan pelelangan. Nantinya akan ada 21 stasiun dari jalur utara ke selatan dengan dua depo di Lebak Bulus dan Kampung Bandan. Sedangkan, untuk MRT fase I masyarakat sudah bisa menggunakan terlebih dahulu pada Maret 2019.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up