JawaPos Radar

Pesawat Air Niugini Jatuh, Seluruh Penumpang Selamat

28/09/2018, 14:32 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Pesawat Air Niugini Boeing 737-800 jatuh, Pesawat Air Niugini,
Pesawat Air Niugini Boeing 737-800 jatuh di perairan Weno, Chuuk, Mikronesia pada hari Jumat, (28/9). Pesawat tersebut menghantam laguna yang mengelilingi pulau kecil pada pukul 9.30 pagi waktu setempat (Evening Standard)
Share this image

JawaPos.com - Pesawat Air Niugini Boeing 737-800 jatuh di perairan Weno, Chuuk, Mikronesia pada hari  Jumat, (28/9). Pesawat tersebut menghantam laguna yang mengelilingi pulau kecil pada pukul 9.30 pagi waktu setempat. Beruntung armada kapal kecil datang dan berhasil menyelamatkan 47 penumpang dan para awak pesawat.

"Pesawat seharusnya mendarat tetapi bukannya mendarat, pesawat itu malah terbang 150 meter lebih pendek dan turun," kata Jimmy Emilio, manajer umum Bandara Chuuk di Weno di Mikronesia dilansir dari Channel News Asia pada Jumat, (27/9).

"Kami tidak benar-benar tahu apa yang terjadi, orang-orang diselamatkan dengan perahu. Sebanyak 36 penumpang dan 11 awak semuanya diselamatkan, hanya pesawat yang tenggelam sekarang," katanya. Dia mengatakan penyebab kecelakaan itu tidak jelas.

Penumpang dan awak dibawa ke rumah sakit tetapi tidak ada luka serius yang dilaporkan. "Saya pikir kami mendarat keras sampai saya melihat ke atas dan melihat lubang di sisi pesawat dan air masuk," kata Bill Jaynes salah satu penumpang dalam sebuah video yang diunggah oleh situs Pacific Daily News.

Video yang dipublikasikan secara online oleh Radio Selandia Baru dan gambar-gambar yang dipasang di Twitter menunjukkan pesawat setengah tenggelam dan dikelilingi oleh perahu kecil. Air Niugini mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa maskapai itu akan mengerahkan semua upaya untuk menjaga penumpang dan awak pesawat.

Seorang juru bicara Komisi Investigasi Kecelakaan Papua Nugini mengatakan para penyelidik akan datang ke tempat kejadian sesegera mungkin untuk menginvestigasi apa yang terjadi.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up